Videotron Anies Baswedan Diturunkan Usai Tayang Sehari Tuai Kekecewaan, Siapa yang Buat?
Videotron calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, di Graha Mandiri, Jakarta. [X/Twitter]
10:00
17 Januari 2024

Videotron Anies Baswedan Diturunkan Usai Tayang Sehari Tuai Kekecewaan, Siapa yang Buat?

Videotron calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan baru-baru ini menjadi perbincangan. Pasalnya, videotron yang dipasang di beberapa lokasi ini rupanya harus diturunkan alias take down setelah satu hari penayangannya.

Hal ini menjadi ramai karena diturunkannya videotron ini dinilai tidak adil untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 1. Padahal, seharusnya setiap paslon berhak melakukan kampanye untuk mempromosikan diri.

Di sisi lain, kemunculan videotron ini juga menjadi pertanyaan siapa yang menginisiasi. Pasalnya, pemasangan videotron menjadi salah satu ide yang menarik kampanye. Namun, siapa yang menginisiasi adanya pembuatan videotron untuk Anies Baswedan?

Pembuat Videotron

Videotron Anies Baswedan ini merupakan inisiasi dari para Kpopers yang mendukung capres nomor urut 1 dengan nama Olppaemi Project. Para Kpopers ini telah mengumpulkan dana dan memasang videotron Anies Baswedan di 3 lokasi, yakni Jakarta, Bekasi, dan Medan.

Dalam akun resmi Olppaemi Project memperlihatkan videotron Anies Baswedan yang sempat tayang di Graha Mandiri Jakarta Pusat sebelum akhirnya diturunkan. Videotron lainnya yang juga diturunkan yakni dipasang di Grand Metropolitan Bekasi.

Terkait alasan kenapa diturunkannya sendiri dari pihak Olppaemi Project mengaku tidak memiliki kuasa. Padahal, seharusnya penayangan videotron ini dilakukan selama seminggu mulai dari 15-21 Januari mendatang.

"Sayangnya, kami harus mengabarkan bahwa LED ads yang telah dijadwalkan tayang selama seminggu (15-21 Januari 2024) di Bekasi dan Jakarta tidak dapat lanjut tayang di lokasi tersebut karena suatu hal di luar kuasa kami," tulis Olpaemi Project melalui akun resmu di platform X.

Meski demikian, pihaknya mengaku masih berusaha untuk melakukan diskusi internal dengan pihak advertiser agar videotron Anies Baswedan bisa segera ditayangkan.

“Menanggapi banyaknya pertanyaan perihal videotron, saat ini kami masih dalam tahap diskusi internal bersama dengan pihak terkait. Salah satunya, berkoordinasi dengan advertise,” jelas Olppaemi Project.

Biaya pemasangan

Diturunkannya videotron Anies Baswedan ini juga sangat disayangkan. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk memasang videotron tidaklah murah. 

Diperkirakan, untuk videotron ini tarif satu hari memasang iklan di sana khusus area outdoor dibanderol sekitar Rp 600 ribu sampai 750 ribu/m2. Terkait ukuran videotron juga tidak ada kepastian harga. harga sewa videotron terendah untuk satu minggu adalah Rp 4,2 juta-Rp 5,25 juta.

Profil Olppaemi Project

Olppaemi Project merupakan kelompok sukarelawan dari penggemar Kpop yang mendukung pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Inisiator Olppaemi Project sempat ingin menggalang dana untuk membelikan Anies Baswedan sebuah hadiah. Kala itu, ia sempat berceletuk ingin membelikan Anies sebuah foodtruck atau truk makanan.

Meski demikian, Olppaemi Project bukanlah tim sukses untuk kampanye paslon 1. Namun, pihaknya mendukung Anies Baswedan sebagai bentuk seru-seruan bagi penggemar yang ingin mendukung.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #videotron #anies #baswedan #diturunkan #usai #tayang #sehari #tuai #kekecewaan #siapa #yang #buat

KOMENTAR