4 Alasan Mengapa Orang yang Tidak Mengandalkan Media Sosial Lebih Percaya Diri
ilustrasi sosial media (freepik)
20:14
10 Mei 2024

4 Alasan Mengapa Orang yang Tidak Mengandalkan Media Sosial Lebih Percaya Diri

Apa hal pertama yang kamu lakukan saat mengambil foto lucu dirimu dan sahabatmu? Mungkin posting di Instagram. Begitulah cara kerja jejaring sosial. Ketika Anda memiliki pembaruan untuk dibagikan, sulit untuk menemukan alasan untuk tidak mengunggah tentang hal itu.

Tidak semua orang terjebak dalam media sosial, ada perbedaan penting antara yang terhubung dan yang tidak. Orang yang tidak mengandalkan media sosial cenderung lebih percaya diri dalam dokumentasi kehidupan mereka.

Melansir dari LifeHack, berikut adalah empat alasan mengapa mereka yang tidak mengandalkan media sosial untuk mendokumentasikan kehidupan mereka lebih percaya diri daripada mereka yang melakukannya:

  1. Mereka melakukan lebih banyak upaya untuk mempertahankan hubungan

Media sosial memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman, meskipun interaksi tersebut sering hanya sebatas membaca status dan like foto. Kehilangan kontak saat orang jarang memposting dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi kepercayaan.

Hal ini akan berbeda dengan orang-orang yang tidak menggunakan sosial media. Mereka yang tidak terlalu bergantung pada media sosial lebih memilih untuk tetap berhubungan dengan orang-orang terdekat secara langsung.

Mereka menikmati waktu bersama teman-teman di kafe tanpa terganggu ponsel, dan berbagi cerita yang tidak mereka bagikan secara online.

  1. Mereka lebih sadar akan lingkungan mereka

Anda mungkin merasa seperti Anda dapat menjangkau dan menyentuh setiap inci bumi melalui sosial media, tetapi ketika Anda sedang duduk di meja Anda membaca tentang berbagai peristiwa terkini dan budaya di seluruh dunia, ada ratusan orang berjalan melewati jendela kantor Anda yang telah melihat hal-hal itu secara real time untuk diri mereka sendiri.

Menjauh dari media sosial, setidaknya untuk sebagian besar hari Anda, memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi dunia di sekitar dan mengamati kehidupan melalui mata Anda sendiri.

 Mereka yang melakukan ini lebih percaya diri karena mereka tidak perlu bergantung pada sudut pandang orang lain tentang dunia untuk membentuk sudut pandang mereka sendiri.

  1. Mereka tidak bersembunyi di balik layar

Pernahkah Anda memposting komentar atau status yang mengatakan sesuatu yang tidak akan pernah cukup "berani" untuk Anda katakan secara langsung? Itu mungkin membuat Anda merasa cukup baik pada awalnya.

"Wah! Saya tidak percaya saya memposting itu, "pikir Anda pada diri sendiri ketika Anda menunggu respon yang masuk atas unggahan Anda. Apa yang terjadi ketika tidak ada yang merespons? keberanian itu hancur seketika.

Orang yang tidak mengandalkan media sosial bisa berbicara tanpa tameng karena sudah berlatih mengungkapkan pikirannya secara terbuka dan verbal, sehingga membuat audiens perlu mendengarkannya.

  1. Mereka hidup di saat ini

Di dunia media sosial, tantangan terbesar adalah mendapat banyak suka dan komentar dengan foto. Kita sering sibuk mengabadikan momen untuk orang lain dan kadang-kadang merenungkan kenangan saat sendirian.

Mereka yang melihat media sosial sebagai tambahan, bukan kebutuhan, mengeksplorasi petualangan tanpa peduli pada penampilan di kamera. Mereka lebih menghargai pengalaman nyata dan mungkin melupakan masa lalu di mana pun.

Dengan mengurangi penggunaan media sosial, Anda dapat meningkatkan hubungan Anda dengan orang-orang terkasih, membenamkan kembali diri Anda di dunia nyata dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk melihat kembali apa yang terjadi sebelumnya.

Seperti hal lainnya, media sosial tidak akan merugikan Anda jika Anda menggunakannya dalam kadar sedang.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #alasan #mengapa #orang #yang #tidak #mengandalkan #media #sosial #lebih #percaya #diri

KOMENTAR