Haruskah Minum Suplemen Kecantikan Agar Bisa Awet Muda?
Ilustrasi suplemen (Pixabay/stevepb)
08:46
10 Mei 2024

Haruskah Minum Suplemen Kecantikan Agar Bisa Awet Muda?

Punya kulit wajah yang awet muda kerap jadi dambaan banyak orang terutama perempuan. Selain skincare yang langsung dioleskan ke kulit, kini juga mulai bermunculan berbagai suplemen kesehatan yang diklaim bisa mengencangkan kulit. Namun, hanya mengandalkan suplemen kecantikan tidak cukup bila ingin punya paras awet muda. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dr Rita Maria, SpKK., mengatakan bahwa kulit sehat dan awet muda merupakan hasil dari gaya hidup sehat, tidak cukup hanya mengandalkan suplemen. 

"Lifestyle itu pengaruh. Sebagai dokter dermatologis, aging itu proses multifaktorial. Disarankan lebih banyak konsumsi buah, sayur, rendah lemak, hindari gula, cukup tidur dengan kualitas baik," kata dokter Rita ditemui dalam acara suplemen kolagen DVN di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ilustrasi suplemen ginkgo biloba - Manfaat Ginkgo Biloba. (Pexels)Ilustrasi suplemen ginkgo biloba - Manfaat Ginkgo Biloba. (Pexels)

Sementara, kebiasaan merokok, minum alkohol, hingga bergadang bisa membuat penunaan dini pada kulit. Karenanya perlu juga ditambah dengan penggunaan skincare dasar. Dokter Rita menyampaikan, minimal gunakan skincare berupa pelembab dan tabir surya.

"Tabir surya itu sangat penting karena 80 persen penyebab penuaan karena sinar matahari," imbuhnya.

Bila gaya hidup sehat serta penggunaan skincare telah dilakukan, setelah bisa konsumsi supelemen kesehatan agar hasilnya lebih optimal. Dokter Rita menyampaikan bahwa berbagai rangkaian tersebut bisa dilakukan muali usia awal 20-an. 

"Jadi mereka kerja sama, gak bisa hanya satu per satu dilakukannya. Bila masih ada masalah setelahnya, ke dokter untuk perawatan. Jadi kita merangsang sel kulit supaya produksi sel baru," ujarnya.

Apa yang disampaikan oleh dokter Rita, rupanya menjadi kunci awet muda artis Wulan Guritno. Ditemui dalam acara yang sama, Wulan mengatakan kalau dirinya telah konsisten jalani hidup sehat sejak usianya 35 tahun. Sehingga, kini saat usianya telah mencapai 43 tahun, Wulan tetap mempertahankan kulitnya yang sehat dan kencang.

"Apa yang dikatakan dokter itu benar aku lakukan semua. Jadi walaupun mungkin ada bakat genetik, tapi kalau gak dijaga dengan healthy lifestyle akan rusak juga," kata Wulan. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #haruskah #minum #suplemen #kecantikan #agar #bisa #awet #muda

KOMENTAR