7 Kebiasaan Pagi Orang Ini Membuat Mereka Selalu Terdepan Dalam Hidup
Ilustrasi kebiasaan pagi orang yang selalu terdepan dalam hidup (sumber: Freepik/lifeforstock)
06:38
10 Mei 2024

7 Kebiasaan Pagi Orang Ini Membuat Mereka Selalu Terdepan Dalam Hidup

Pernahkah kalian bertanya-tanya tentang mereka yang terlihat memiliki segalanya?

Mereka selalu terdepan, serta mampu membuat kemajuan dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Sebagian dari kita pasti merasa penasaran tentang apa rahasianya. Namun, setelah digali terkait rutinitas mereka, ternyata ditemukan kebiasaan menarik yang sering mereka lakukan di pagi hari.

Di mana cara dan kebiasaan mereka memulai pagi hari tersebut dapat menentukan arah dari segala hal yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Kebiasaan tersebut juga membantu mereka untuk terus bergerak maju dan selalu menjadi yang terdepan.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari Hack Spirit terkait kebiasaan-kebiasaan di pagi hari yang membuat kehidupan mereka tampak selalu sukses dan terdepan.

1. Mereka bangun lebih awal di pagi hari

Banyaknya orang sukses yang memiliki kebiasaan bangun pagi bukan tanpa alasan. Bangun lebih awal di pagi hari memungkinkan kamu untuk melakukan me time yang nyaman tanpa adanya gangguan.

Bangun di pagi hari membuat mereka lebih fokus pada tujuan yang sedang mereka rencanakan di hari tersebut. Mereka juga dapat menikmati waktu dengan tenang sebelum kesibukan dimulai.

2. Mereka menikmati sarapan sehat

Orang-orang sukses dan terdepan dalam hidup selalu memprioritaskan makan pagi yang sehat dan seimbang. Seperti kata pepatah bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari.

Memulai pagi hari dengan makanan bergizi seperti biji-bijian, protein, buah-buahan dan sayur-sayuran akan membuat kita memiliki lebih banyak energi sepanjang hari.

Selain itu konsentrasi akan jauh lebih meningkat dan merasa lebih siap untuk menghadapi aktivitas di hari-hari berikutnya.

Bisa juga mengisi energi dengan smoothie, oatmeal, atau roti panggang sebagai sarapan sehat di pagi hari.

3. Mereka menetapkan tujuan dengan jelas

Orang-orang sukses dan terdepan dalam hidup seringkali memulai hari mereka dengan menetapkan tujuan yang jelas dan dapat dicapai.

Mereka juga memiliki roadmap sebagai arahan yang dapat membantu mereka mempertahankan fokus dan meningkatkan produktivitas.

Studi Bisnis Harvard mengungkapkan bahwa 3% lulusan MBA yang menuliskan tujuannya memperoleh penghasilan 10 kali lebih banyak dibandingkan 97% lainnya.

Dengan menyusun hari berdasarkan tujuan yang jelas membuat kita dapat memastikan setiap tugas memiliki kontribusi terhadap aspirasi jangka panjang. Baik pengembangan profesional ataupun pertumbuhan pribadi.

4. Mereka rajin berolahraga

Aktivitas fisik seperti jalan cepat, sesi yoga, dan olahraga dengan intensitas yang tinggi di pagi hari menjadi salah satu hal yang penting di kalangan orang-orang sukses.

Selain meningkatkan energi, olahraga juga dapat meningkatkan mood berkat endorfin yang dilepaskan selama aktivitas fisik.

Sehingga membantu menjernihkan pikiran dan mempersiapkan diri, baik secara mental maupun fisik untuk menjalani hari yang akan datang.

Tak perlu melakukan olahraga terlebih lama, cukup peregangan selama 15 menit atau berjalan kaki dapat memberikan perbedaan dalam kehidupanmu.

5. Mereka menerapkan mindfulness

Mindfulness atau perhatian penuh merupakan salah satu alat yang ampuh digunakan untuk membuat kamu membumi dan memberikan suasana positif di hari tersebut.

Dengan melatih diri untuk hadir memusatkan perhatian pada nafas dan melepaskan stress atau kecemasan kamu akan terlihat adanya perubahan pada diri menjadi terasa lebih damai dan mudah mengatur aktivitas.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk melakukan mindfulness, bisa dengan melakukan meditasi, membuat jurnal atau sekedar menikmati kopi di pagi hari dalam diam.

Poin penting dari mindfulness adalah menemukan cara menenangkan pikiran dan fokus pada momen saat ini, serta memulai hari di tempat yang tenang dan jernih untuk mendapatkan ketenangan.

6. Mereka memprioritaskan pembelajaran

Orang terdepan dan sukses dalam hidup biasanya memiliki rasa penasaran yang tinggi dan selalu haus akan lebih banyak pengetahuan. Banyak orang sukses yang memasukkan pembelajaran ke dalam rutinitas pagi mereka.

Bisa dilakukan dengan membaca satu bab dari sebuah buku, mendengarkan podcast atau mengikuti artikel berita terbaru di bidangnya. Kebiasaan tersebut bisa dilakukan setiap pagi selama 10 menit atau satu jam.

Dengan mendedikasikan waktu setiap pagi untuk mempelajari hal baru akan membuat pengetahuan mereka lebih luas dan semakin terdepan, mendorong pertumbuhan serta memicu kreativitas.

7. Mereka selalu menjaga konsistensi

Kunci dari kesuksesan dan selalu menjadi yang terdepan adalah dengan menjaga konsistensi. Konsistensi dapat merubah tindakan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan akan menjadi gaya hidup.

Baik itu bangun pagi, berolahraga, ataupun menetapkan tujuan, kunci dari kesuksesan adalah melakukannya secara konsisten.

Komitmen terhadap pengulangan tersebut lah yang memupuk kemajuan dan menentukan sebuah keberhasilan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kebiasaan #pagi #orang #membuat #mereka #selalu #terdepan #dalam #hidup

KOMENTAR