7 Cara Mudah Menghadapi Teman Kamu yang Bossy, Tetapkan Batasan Pertemanan
Ilustrasi salah satu orang dalam pertemanan yang memiliki sifat bossy.(Pexels)
23:14
8 Mei 2024

7 Cara Mudah Menghadapi Teman Kamu yang Bossy, Tetapkan Batasan Pertemanan

 Bossy adalah karakter seseorang yang berkesan suka mengatur, mengontrol, atau mendominasi lingkungan sosial yang bahkan bukan tanggung jawab mereka. Biasanya dalam mengambil keputusan, mereka tidak mempertimbangkan perasaan atau pendapat orang lain di sekitarnya.   Dalam lingkup pertemanan tidak hanya sekedar memiliki hobi yang sama, melakukan hal menyenangkan, dan tertawa bersama. Tapi juga ada salah satu orang dengan sikap bossy-nya, yang lebih dominan suka memerintah atau bahkan mengganggu anda.   Memiliki teman yang bossy merupakan tantangan yang besar bagi setiap orang, karena kita akan sulit bertahan bergaul dengan orang toxic seperti itu. Kita harus pandai memilih teman yang mampu mewujudkan suasana yang positif dan juga hubungan yang sehat satu sama lain.
  Dilansir dari Healthshots pada Rabu (8/5/2024), terdapat 7 cara untuk menghadapi teman kamu yang bossy atau bertingkah layaknya bos.  

  1. Berkomunikasi dengan jelas Katakanlah dengan sejujurnya bahwa kamu tidak suka dengan sifatnya yang berkesan suka memerintah atau mengatur. Kebiasaan itu perlu diubah demi keberlangsungan hubungan pertemanan kalian yang sehat dan positif.   2. Menetapkan batasan Kamu juga bisa menetapkan batasan sejauh mana perilaku mereka dapat kamu terima dengan baik. Tunjukkan sifat seperti apa yang tidak bisa kamu terima dan bersikap tegas.   3. Bersikap tegas Tegas dalam artian berani untuk membela dan mengungkapkan pendapat atau ide anda sendiri. Jangan sampai membuat keputusan bersama, tanpa adanya saran dari kamu atau orang lain.   4. Berikan pilihan alternatif Jika teman kamu memang terlihat suka memerintah dalam beberapa situasi, cobalah untuk mengubah dinamika kontrol menjadi kolaborasi. Anda akan merasa lebih senang memiliki persahabatan yang sehat.  

  5. Percaya diri Mereka yang suka memerintah cenderung fokus kepada orang-orang yang tidak memiliki kepercayaan diri. Contohnya dalam membuat keputusan, sehingga dapat dengan mudah di kontrol oleh orang lain.   6. Jangan terlibat dalam perebutan kekuasaan Biasanya mereka yang bossy terlalu sibuk untuk mendapatkan kekuasaan di lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, kamu hanya perlu tenang, dan fokus untuk menemukan solusi yang cocok untuk semua orang.    7. Mencari dukungan Jika masih kesulitan menghadapi teman kamu yang bossy, cobalah meminta dukungan kepada terapis atau teman lain. Semoga mereka dapat membantu anda memproses dan mengembangkan strategi untuk menghadapi situasi tersebut.   Demikian tujuh cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi teman yang memiliki sifat bossy.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #cara #mudah #menghadapi #teman #kamu #yang #bossy #tetapkan #batasan #pertemanan

KOMENTAR