Guru Harus Kreatif, Ini Metode Belajar yang Bikin Siswa Lebih Semangat di Kelas
Ilustrasi anak belajar di kelas (pexels.com/RODNAE-Productions)
10:48
6 Mei 2024

Guru Harus Kreatif, Ini Metode Belajar yang Bikin Siswa Lebih Semangat di Kelas

Di zaman serba modern, metode belajar siswa bisa lebih beragam, termasuk dengan memanfaatkan gadget dan melibatkan permainan atau game saat belajar.

Analisis 16 penelitian yang melibatkan 2.070 peserta menemukan game tanya jawab menggunakan gadget terbukti berdampak positif yang signifikan terhadap pembelajaran siswa. Efek ini bisa dirasakan baik oleh siswa SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi.

"Melalui pembelajaran berbasis permainan, kami telah melihat secara langsung bagaimana motivasi, keterlibatan, serta pembelajaran kolaboratif berkembang, pada dasarnya meningkatkan pengalaman pendidikan. Manfaat positif dari game membuat belajar tidak hanya efektif, tapi juga menyenangkan," ujar CEO Kahoot, kata Eilert Hanoa melalui keterangan yang diterima suara.com, Senin (6/5/2024).

Berikut ini 4 manfaat game di gadget untuk belajar siswa yang bisa jadi pilihan pengajar maupun orang tua:

1. Membentuk motivasi siswa di kelas

Bagi guru yang merasa bosan dan sulit mengajar di kelas, maka tidak ada salahnya menggunakan fitur tanya jawab di game yang akan membuat belajar di kelas menjadi lebih dinamis dan menarik. Melalui sistem poin dan papan peringkat, game bisa memotivasi siswa untuk bersaing dan menjadi pemenang.

Selain itu, belajar menggunakan game bisa memberikan, rasa fulfillment dan meningkatkan semangat mereka untuk belajar.

2. Siswa jadi lebih terlibat

Saat para siswa termotivasi, kelas pun akan menjadi semakin ramai dan seru. Format game yang interaktif dapat mendorong siswa untuk saling menyemangati atau memperdebatkan jawaban sehingga meningkatkan keterlibatan siswa, terutama dalam ice breaking atau saat membuka diskusi.

Selain itu, laporan secara real-time yang disediakan game dapat memperlihatkan sejauh mana pemahaman siswa sehingga membantu tenaga pendidik dalam menyempurnakan materi pembelajaran.

3. Melatih kolaborasi tim

Game tanya jawab tidak hanya membuat belajar menjadi menyenangkan, tetapi juga mendorong kolaborasi yang efektif dalam tim. Platform game ini menawarkan berbagai mode yang lebih dari sekedar kompetisi antar individu.

Selain berkompetisi, siswa juga dapat bekerja sama dalam tim untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tantangan. Hal ini dapat melatih keterampilan komunikasi dan problem-solving siswa, dan menjadi fondasi kerja sama yang efektif untuk mencapai tujuan bersama.

4. Menambahkan kesenangan saat belajar

Komponen-komponen gamifikasi dan interaktif membuat belajar menjadi sangat menyenangkan. Selain membuat belajar menjadi menarik, fitur-fitur di game juga secara signifikan dapat meningkatkan kesenangan siswa melalui kuis real-time yang membuat tes atau ujian menjadi terasa seperti permainan yang menyenangkan.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #guru #harus #kreatif #metode #belajar #yang #bikin #siswa #lebih #semangat #kelas

KOMENTAR