Ikuti 8 Tips Tidur di Cuaca Panas, Apakah Kamu Sering Melakukannya?
Ikuti 8 tips tidur seperti bayi di cuaca panas . Sumber Foto: Health Shots
10:14
5 Mei 2024

Ikuti 8 Tips Tidur di Cuaca Panas, Apakah Kamu Sering Melakukannya?

– Ada beberapa hal yang dinantikan di musim panas, seperti berlibur, dan menikmati waktu di pantai, namun, cuaca seperti ini tidak menyenangkan bagi semua orang.

Dikutip dari Health Shots, Minggu (5/5), meskipun panas dan kelembapan dapat menguras energi, beberapa orang mungkin mengeluh sulit tidur nyenyak, faktor-faktor seperti suhu tinggi dan siang hari.

Berikut 8 tips terbaik yang akan membantu Anda tertidur di malam hari dengan cepat dan mengurangi risiko siklus tidur terganggu:

1. Jaga suhu ruangan tetap sejuk

Menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman sangat penting agar bisa tidur nyenyak di hari-hari musim panas.

Gunakan kipas angin atau AC untuk menurunkan suhu ruangan, mematikan lampu, dan pertimbangkan bahan alas tidur yang menyerap keringat seperti katun atau linen, ini akan membantu anda tidur nyenyak.

2. Minum banyak air

Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, tentu dapat mengganggu siklus tidur, jadi pastikan anda mengonsumsi banyak air sepanjang hari.

3. Batasi paparan layar sebelum tidur

Cahaya biru dari perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan komputer dapat mengganggu produksi melatonin, hormon pengatur tidur.

Batasi waktu menatap layar, terutama setidaknya satu jam sebelum tidur, untuk menghindari gangguan pada siklus tidur-bangun anda.

4. Jaga kaki Anda tetap sejuk

Menjaga kaki tetap sejuk sebelum tidur dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya tidur.

Anda bisa meletakkan waslap dingin dan lembap di kaki selama beberapa menit agar tetap dingin sebelum tidur.

5. Kenakan pakaian tidur yang menyerap keringat

Pilih pakaian tidur yang ringan dan menyerap keringat yang terbuat dari bahan alami seperti katun atau bambu untuk membantu tetap sejuk dan nyaman sepanjang malam.

6. Hindari kebisingan

Selama musim panas, hindari kebisingan luar ruangan yang meningkat akibat lalu lintas larut malam, gonggongan anjing, dll.

Gunakan penyumbat telinga pengurang kebisingan untuk memblokir suara yang tidak diinginkan dan ciptakan lingkungan tidur yang tenang dan damai.

7. Batasi tidur siang

Jika Anda perlu tidur siang, usahakan untuk tidur singkat 20–30 menit lebih awal pada hari itu, jadi hal ni tidak akan mengganggu tidur malam.

8. Mengurangi stres

Jika stres membuat Anda sulit rileks dan tertidur, praktikkan teknik relaksasi sebelum tidur, seperti mindfulness, mandi, latihan pernapasan dalam, atau peregangan tubuh secara lembut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ikuti #tips #tidur #cuaca #panas #apakah #kamu #sering #melakukannya

KOMENTAR