Bukan Direndam Air, Begini Cara Mencairkan Daging Beku Menurut Chef Yuda Bustara
Chef Yuda Bustara. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)
15:08
4 Mei 2024

Bukan Direndam Air, Begini Cara Mencairkan Daging Beku Menurut Chef Yuda Bustara

Celebrity Chef Yuda Bustara mengungkap cara mencairkan daging beku yang benar agar tidak merusak tekstur, rasa, maupun kualitas daging. Apalagi banyak orang salah kaprah dengan merendam daging beku dengan air.

Mencairkan daging beku dengan cara direndam di dalam air, menurut Chef Yuda Busatara, justru bisa merusak tekstur daging, ditambah ada risiko daging terpapar bakteri yang dibawa dari air sehingga mengancam kesehatan.

"Nggak disarankan direndam air, karena takut tekstur berubah. Jadi biarkan suhu daging dari beku turun secara perlahan," ujar Chef Yuda Bustara saat ditemui di Lotte Avenue, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2024).

Untuk itu, Chef Yuda menyarankan agar memasak daging itu tidak dadakan, melainkan harus direncanakan. Dengan begitu, kita bisa mempersiapkan proses pencairan daging dari sehari sebelum proses memasak.

"Kalau masak daging direncanakan, misalnya mau barbeque-an hari Minggu, jadi hari Sabtu sudah ditaruh di luar, atau taruh di bagian kulkas atas, turunnya pelan-pelan, jangan taro di microwave atau direndam air," jelasnya.

Ia mengakui tak jarang menemukan ibu-ibu yang sudah berencana memasak, namun ditunda padahal daging bekunya sudah mencair. Chef Yuda mengingatkan cara ini dipastikan akan menurunkan kualitas keempukan daging secara drastis.

"Karena daging itu sudah beku dicairin, terus dibekuin lagi, itu teksturnya udah nggak juicy lagi karena airnya keluar," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Chef Yuda, bila ingin daging beku ingin cepat mencair, bisa dengan cara mendiamkan daging di suhu ruangan dengan cara ditutup untuk menghindari bakteri. Ia juga berpesan agar tidak menyiram daging beku dengan air hangat, yang lagi-lagi bisa menyebabkan perubahan tekstur daging.

"Taruh di suhu ruangan, kira-kira satu jam cukup, terus ditutup, pakai kain atau apa biar nggak ada lalat, supaya tetap bersih," pungkasnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #bukan #direndam #begini #cara #mencairkan #daging #beku #menurut #chef #yuda #bustara

KOMENTAR