Membongkar 4 Sifat Psikopatik yang Dimiliki INTJ, Salah Satunya Cenderung Narsistik
Ilustrasi seorang INTJ yang memiliki sifat psikopatik./ freepik
13:44
2 Mei 2024

Membongkar 4 Sifat Psikopatik yang Dimiliki INTJ, Salah Satunya Cenderung Narsistik

- Dalam dunia psikologi kepribadian, tipe INTJ seringkali dipandang sebagai individu yang cerdas, strategis, dan berorientasi pada pencapaian tujuan.

Namun, di balik kecemerlangan intelektual mereka, tersembunyi potensi untuk menunjukkan sifat-sifat yang mirip dengan psikopati.

Dilansir dari Gmenity pada Kamis (2/5), terdapat 4 sifat psikopatik yang dimiliki oleh individu dengan tipe kepribadian INTJ.

Dengan membongkar sisi gelap yang tersembunyi, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kompleksitas kepribadian INTJ dan bagaimana sifat-sifat tersebut dapat memengaruhi interaksi mereka dengan dunia sekitarnya.

1. Sifat manipulatif untuk memengaruhi orang lain

Manipulatif merupakan sifat dimana seseorang mencoba mengendalikan atau mempengaruhi orang lain demi keuntungan pribadi.

Individu yang memiliki tipe kepribadian INTJ cenderung terlibat dalam manipulasi karena mereka cenderung memikirkan strategi dan memiliki kemampuan analitis yang kuat.

Mereka sangat pandai dalam merencanakan dan memprediksi hasil, dimana ini bisa mereka gunakan untuk mempengaruhi orang lain atau mencapai tujuan mereka sendiri.

INTJ menggunakan manipulasi jika mereka merasa orang lain menghalangi mereka atau tidak mendukung tujuan mereka. Mereka bisa melihat manipulasi sebagai cara yang diperlukan untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

Meskipun INTJ bisa cenderung terlibat dalam manipulasi dalam situasi tertentu, itu tidak berarti bahwa mereka semua adalah sosok yang tidak jujur atau jahat.

Dengan memiliki prinsip yang kuat dan mengambil keputusan yang etis, banyak INTJ bisa sukses dan sambil tetap menjaga integritas dan rasa hormat terhadap orang lain.

2. Sikap dingin dan tidak ramah

Orang-orang dengan tipe kepribadian INTJ cenderung terlihat dingin atau jauh. Ini bisa terjadi karena mereka cenderung sangat logis dan suka memikirkan diri sendiri, lebih suka menyendiri daripada berinteraksi dengan banyak orang, dan fokus pada tujuan pribadi daripada hubungan sosial.

Mereka tidak menaruh perhatian yang tinggi pada hubungan sosial atau emosi orang lain, dimana ini bisa membuat mereka terlihat jauh atau sulit didekati, dan terkesan tidak hangat atau ramah.

Meskipun INTJ mungkin tidak terlalu peduli dengan banyak teman atau hubungan sosial, mereka masih bisa sangat setia pada hubungan dekat.

Mereka mungkin lebih memilih punya beberapa teman dekat daripada banyak teman, tapi mereka biasanya sangat berkomitmen pada hubungan-hubungan itu dan akan melakukan apa saja untuk orang-orang yang mereka cintai.

3. Kurangnya empati pada orang lain

Pada orang dengan tipe kepribadian INTJ, mereka cenderung lebih fokus pada logika dan analisis daripada emosi.

Hal ini membuat mereka sulit untuk memahami atau menunjukkan perasaan mereka sendiri, dan juga sulit bagi mereka untuk memahami perasaan orang lain.

Karena itu, ketika orang lain menunjukkan isyarat emosional, INTJ cenderung mengalami kesulitan untuk memahami arti di balik isyarat tersebut atau bagaimana harus meresponsnya dengan tepat.

Misalnya, jika seseorang sedang sedih, INTJ sulit untuk memahami alasan di balik kesedihan tersebut atau bagaimana cara memberikan dukungan yang tepat bagi mereka.

Hal ini bisa membuat orang lain merasa bahwa INTJ kurang empati karena mereka tidak merespons dengan cara yang diharapkan atau diinginkan.

4. Narsistik

Narsisme yakni, ketika seseorang sangat memusatkan perhatian pada diri sendiri, menginginkan pujian, dan kurang memperhatikan perasaan orang lain.

INTJ terlihat narsistik karena mereka percaya diri dan yakin dengan kemampuan mereka. Mereka cenderung fokus pada gagasan dan tujuan mereka sendiri, dan merasa lebih unggul atau lebih pintar daripada orang lain.

Memiliki perasaan yang seperti ini bisa menyebabkan rasa superioritas atau arogansi, terutama jika INTJ percaya bahwa orang lain tidak memiliki tingkat wawasan atau pemahaman yang sama.

Namun, tidak semua INTJ narsistik. Banyak dari mereka juga peduli dengan orang lain dan memiliki keinginan untuk memberikan dampak positif pada dunia. Meskipun fokus pada diri sendiri, mereka juga bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #membongkar #sifat #psikopatik #yang #dimiliki #intj #salah #satunya #cenderung #narsistik

KOMENTAR