Imbas Boikot Produk Pendukung Israel, KFC Malaysia Tutup Sementara Lebih dari 100 Gerai
Ilustrasi gerai KFC (unsplash @flub)
19:58
1 Mei 2024

Imbas Boikot Produk Pendukung Israel, KFC Malaysia Tutup Sementara Lebih dari 100 Gerai

Lebih dari 100 gerai perusahaan makanan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) di Malaysia telah "ditutup sementara" di tengah boikot terkait dengan konflik di Gaza.

Harian Tiongkok Nanyang Siau Pau melaporkan dari CNA bahwa 108 gerai jaringan Amerika itu telah berhenti beroperasi. Negara bagian Kelantan merupakan negara bagian yang paling terkena dampaknya, dengan hampir 80 persen toko mereka, atau hingga 21 gerai, terkena dampaknya. 

Berdasarkan informasi dari Google Maps, 15 toko di Johor juga ditutup sementara, serta 11 toko masing-masing di Selangor dan Kedah, 10 toko di Terengganu, 10 toko di Pahang, sembilan toko di Perak, enam toko di Negeri Sembilan, dua toko di Perlis, dua toko di Melaka, lima toko di Penang, tiga toko di Kuala Lumpur, dua di Sarawak dan satu di Sabah.  

Ilustrasi KFC (Unsplash/Hello I'm Nik)Ilustrasi KFC (Unsplash/Hello I'm Nik)

QSR Brands yang memiliki dan mengoperasikan KFC di Malaysia, Singapura, Brunei, dan Kamboja – mengatakan bahwa sebagai respons terhadap kondisi ekonomi yang menantang, pihaknya telah mengambil langkah proaktif dengan menutup sementara gerai sebagai cara untuk mengelola peningkatan biaya bisnis dan fokus pada keterlibatan tinggi zona perdagangan.

Dalam sebuah pernyataan pada tanggal 29 April 202r, mereka mengatakan bahwa karyawan dari gerai yang terkena dampak ditawari kesempatan untuk pindah ke toko yang beroperasi sebagai bagian dari upaya optimalisasi ulang perusahaan. 

"Sebagai perusahaan yang telah melayani masyarakat Malaysia selama lebih dari 50 tahun, fokusnya tetap pada penyediaan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Malaysia melalui keamanan kerja bagi 18.000 anggota tim di Malaysia, yang mana sekitar 85 persen adalah Muslim," kata mereka.

Namun mereka tidak mengungkapkan jumlah gerai atau jumlah pekerja yang terkena dampak. Menurut situs QSR, terdapat lebih dari 600 gerai KFC di Malaysia, dengan gerai pertama dibuka di Kuala Lumpur pada tahun 1973. 

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #imbas #boikot #produk #pendukung #israel #malaysia #tutup #sementara #lebih #dari #gerai

KOMENTAR