7 Tips Agar Kamu Dihormati dan Dihargai oleh Orang Lain
Ilustrasi seseorang yang dihormati secara tulus. (Freepik )
18:10
1 Mei 2024

7 Tips Agar Kamu Dihormati dan Dihargai oleh Orang Lain

- Dalam lingkungan sosial, menjaga hubungan antara satu sama lain sangatlah penting. Komunikasi adalah cara terbaik untuk membangun koneksi kamu dengan orang lain.

Memiliki relasi dengan orang yang lebih hebat dari kamu, dapat menaikkan derajatmu. Di beberapa kasus ada yang merasa tidak dihormati oleh orang lain, karena perbedaan derajat yang terlalu jauh satu sama lain.

Kita semua menginginkan rasa hormat dalam kehidupan pribadi dan di dunia kerja. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara meningkatkan nilai dirimu agar bisa lebih dihargai.

Dilansir dari Forbes, ada 7 hal yang dapat membuat diri kamu dihormati oleh orang lain.

1. Minta maaf atas kesalahan yang Anda perbuat

Jika kamu meminta maaf secara berlebihan, terutama atas hal yang bukan kesalahan Anda. Orang lain akan melihat kamu sebagai orang yang lebih rendah.

2. Menunjukkan apa yang tidak berhasil dan usulkan metode solusinya

Untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain, tunjukkan kemampuan Anda dalam menangani masalah. Semua orang akan menghargai usaha kita dalam memberikan solusi atas kesulitan yang dihadapi.

3. Perlakukan orang lain sebagaimana ingin diperlakukan

Pendekatan yang lebih baik saat menjalin hubungan adalah dengan fokus pada apa yang orang lain butuhkan dan apa yang mereka pedulikan.

4. Memiliki pemikiran terbuka terhadap ide baru

Strategi yang bagus untuk mendapatkan perhatian lebih dari orang lain adalah dengan menerima seluruh ide baru dari pemikiran yang berbeda. Anda harus memiliki rasa ingin tahu lebih terhadap hal-hal yang belum kamu ketahui.

5. Prioritaskan kebutuhan Anda dan atasi konflik meski kamu tidak nyaman

Orang akan menghormati kamu dengan kebutuhan dan kepentingan yang Anda miliki. Jangan terlalu merendahkan prioritas kamu di bawah kebutuhan mereka, karena orang lain akan berharap Anda pasti akan memprioritaskan masalah orang lain dibanding kebutuhanmu.

6. Berani meminta bantuan dan menerima kritik dari orang lain

Kamu harus memiliki keberanian untuk mengizinkan orang lain memberikan bantuan terhadap masalahmu. Ciptakan peluang bagi orang disekitarmu untuk ikut berkontribusi pada perkembangan Anda.

Bahkan, jika kamu tidak terlalu membutuhkan bantuan mereka, Anda juga mendapatkan manfaat dengan memintanya. Kamu akan mendapat rasa hormat hanya dengan membuat orang lain memberikan kemampuan mereka.

7. Lakukan hal yang benar meskipun harus membayar lebih

Kita bisa menghormati orang lain meski tidak sependapat dengan mereka, bahkan orang itu tidak kita sukai. Namun, Anda akan kesulitan mendapatkan kepercayaan jika hanya mengikuti perasaanmu.

Kamu perlu menjembatani kesenjangan dilema etika dan membangun standar perilaku yang dibedakan. Bersikap profesional mencerminkan integritas dan etika yang tinggi untuk mendapatkan lebih banyak rasa hormat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tips #agar #kamu #dihormati #dihargai #oleh #orang #lain

KOMENTAR