Sepak Terjang Karier Maarten Paes Tak Perlu Diragukan, Siap Perkuat Laga Timnas Indonesia Vs Irak
Sepak Terjang Karier Maarten Paes Tak Perlu Diragukan, Siap Perkuat Laga Timnas Indonesia Vs Irak (Ig/maartenpaes)
19:29
30 April 2024

Sepak Terjang Karier Maarten Paes Tak Perlu Diragukan, Siap Perkuat Laga Timnas Indonesia Vs Irak

Maarten Paes secara resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa, 30 April 2024 ini. Ia menjadi WNI usai menjalani proses naturalisasi yang cukup panjang. Ini dia profil Maarten Paes yang jadi kekuatan baru di bawah mistar Timnas Indonesia setelah resmi mangantongi paspor Indonesia.  

Paes sendiri telah jadi perhatian publik khususnya pencinta sepak bola Indonesia sejak akhir tahun lalu seiring gencarnya gelombang naturalisasi. Pemain berusia 25 tahun ini masuk ke dalam daftar pemain keturunan yang mendapatkan rekomendasi dari Shin Tae-yong agar dinaturalisasi untuk bisa membela Timnas Indonesia. 

Berbeda dengan pemain WNA lainnya seperti Rafael Struick, Jordi Amat  atau Shayne Pattynama,  yang merupakan pemain lapangan, posisi Paes sebagai penjaga gawang. 

Bersama dengan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Maarten Paes mendapatkan rekomendasi dari DPR RI untuk jadi WNI sejak bulan Maret lalu. Akan tetapi, proses pengambilan sumpah Paes ini membutuhkan waktu agak lama dari yang lainnya. 

Usai berbulan-bulan menunggu, Paes akhirnya mengambil sumpah dan janji setia sebagai WNI hari ini di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta. Dengn demikian, kiper FC Dallas tersebut saat ini sudah resmi menyandang status WNI. 

Lantas seperti apa sosoknya? Mari kelani dengan menyimak profilnya dalam ulasan berikut. 

Profil Maarten Paes 

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada tanggal 14 Mei 1998 silam. Tercatat, saat ini Paes tenhah meniti karier di klub FC Dallas yang berkompetisi dalam liga sepak bola Amerika Serikat atau biasa disebut Major League Soccer (MLS). 

Kiprahnya sebagai kiper telah ia jalani sejak bergabung dengan akademi VV Union yang kemudian bergabung dengan club baru yaitu NEC Nijmegen pada tahun 2012. Bersama Nijmegen ini, Paes berhasil menembus ke tim U-17 dan U-19. Lalu pada 2018, Paes resmi bergabung dengan tim senior pada usia 18 tahun. 

FC Utrecht pum lantas merekrut Paes dengan memberi ia kontrak selama empat tahun pada tahun 2018. Ia sukses menjalankan debut di level teratas liga Belanda pada 19 Agustus 2018 ketika melawan PEC Zwolle. 

Selama bergabung di tim utama Utrecht, Paes tercatat telah 48 kali tampil di semua kompetisi dengan total rincian bermain 4.264 menit. Dari seluruh pertandingan tersebut, Paes kebobolan 63 kali dan 12 kali menorehkan clean sheet. 

Penampilan Maarten Paes dalam beberapa penampilan, sukses meyakinkan FC Dallas meminjam jasa kiper berpostur 192 cm tersebut pada bulan Januari 2022. Performa yang impresif membuat FC Dallas mempermanenkan Paes pada musim panas tahun 2022. Di musim itu Paes telah sembilan kali tampil untuk membela Dallas dengan kebobolan 12 kali serta tiga laga mencatatkan clean sheet. 

Di debut internasional, Paes tercatat pernah membela timnas Belanda U-19 di Euro U-19 2016 dan 2017. Setelah itu, Paes sempat berseragam kelompok umur U-20 dan U-21 untuk negara asalnya. Pria kelahiran Belanda ini memiliki darah Nusantara dari sang nenek yang lahir di kota Pare, Kediri, Jawa Timur. 

Biodata Maarten Paes 

• Nama: Maarten Vincent Paes 

• Tanggal lahir: 14 Mei 1998 

•Tempat lahir: Nijmegen 

• Posisi: Kiper 

• Tinggi badan: 191 cm 

Karier klub

• 2016–2018: NEC 

• 2018–2022: Utrecht 

• 2018–2022: Jong Utrecht 

• 2022:FC Dallas (pinjaman) 

• 2022 - sekarang: FC Dallas 

Karier internasional

• 2016–2017: Belanda U19 

• 2018: Belanda U20 

• 2019–2021: Belanda U21 

Nah, itu tadi profil Maarten Paes yang jadi kekuatan baru Timnas Indonesia usai resmi mangantongi paspor Indonesia. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #sepak #terjang #karier #maarten #paes #perlu #diragukan #siap #perkuat #laga #timnas #indonesia #irak

KOMENTAR