Jomplangnya Harta Kekayaan Surya Paloh vs Anies Baswedan, Bak Langit dan Bumi
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, memberikan hadiah buah sirsak berukuran jumbo untuk Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (ist)
15:17
24 April 2024

Jomplangnya Harta Kekayaan Surya Paloh vs Anies Baswedan, Bak Langit dan Bumi

Viral video yang menampilkan interaksi Surya Paloh dan Anies Baswedan usai putusan Mahkamah Kontitusi (MK) terkait sengketa Pilpres. Gestur Surya Paloh ke Anies Baswedan disorot hingga publik terpancing mengetahui kekayaan dua politikus kenamaan tersebut.

Dalam video yang beredar, awalnya Surya Paloh mempersilakan Anies Baswedan duduk di ruangannya di gendung Nasdem Tower. Namun, Anies Baswedan nampak bingung harus berada di kursi mana.

Ketua Umum Partai Nasdem kemudian menunjuk kursi di hadapannya hingga dianggap meminta Anies untuk mengangkat tempat duduk tersebut. Anies pun sempat mendekat ke kursi yang dimaksud, sebelum kursinya diangkat oleh dua pria.

Momen itu mengundang perhatian publik. Tak sedikit yang mengomentari gestur Surya Paloh ke Anies Baswedan setelah menelan kekalahan di Pemilu 2023.

Diketahui, Nasdem yang diketuai Surya Paloh mengusung paslon nomor 1 Anies Baswedan-Cak Imin di Pilpres 2024. Namun mereka harus menerima kekalahan dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, selaku paslon nomor 2.

Menyusul video yang menampilkan pertemuan Surya Paloh dan Anies Baswedan, publik terpancing untuk menguliti kekayaan keduanya.

Berikut adu harta kekayaan Surya Paloh vs Anies Baswedan

Surya Paloh

Surya Paloh [suara.com/Ummy]Surya Paloh [suara.com/Ummy]

Sosok Surya Paloh dikenal sebagai pengusaha sekaligus politikus ternama di Indonesia. Sosok berusia 72 tahun tersebut memiliki gurita bisnis mentereng.

Salah satu bisnis raksasa yang dimilikinya adalah Media Group. Bisnis ini bergerak di bidang media massa dan membawahi Media Indonesia hingga Metro TV.

Dengan bisnis yang dimiliki, kehidupan Surya Paloh bergelimang harta. Tak tanggung-tanggung harta kekayaannya dilaporkan menembus Rp8,74 triliun versi Globe Asia pada 2018 lalu.

Semakin berganti tahun, harta kekayaan tersebut diprediksi bertambah. Pantas, bila Surya Paloh masuk jajaran politikus terkaya di Indonesia.

Anies Baswedan

Anies Baswedan memberikan keterangan usai menghadiri penetapan presiden dan wapres terpilih di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Dea]Anies Baswedan memberikan keterangan usai menghadiri penetapan presiden dan wapres terpilih di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Rabu (24/4/2024). [Suara.com/Dea]

Berbeda dengan Surya Paloh, harta kekayaan yang dimiliki Anies Baswedan terkuak lewat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKPN), menyusul rekam jejak kariernya sebagai mantan menteri dan gubernur.

Merujuk laporan pada Februari 2023, Anies Baswedan memiliki harta kekayaan sebesar Rp11,78 miliar. Kekayaan itu meliputi berbagai aset mulai dari tanah dan bangunan sebesar Rp14,66 miliar, harta bergerak Rp1,53 miliar, alat transportasi Rp550 juta, harta kas dan setara kas Rp1,35 miliar, surat berharga senilai Rp56,5 juta dan harta lainnya Rp704 juta.

Jika ditotal secara keseluruhan, harta mantan Gubernur DKI Jakarta mencapai Rp11,78 miliar karena masih memiliki utang sebesar Rp6,6 miliar.

Itulah perbedaan harta kekayaan Surya Paloh dan Anies Baswedan.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #jomplangnya #harta #kekayaan #surya #paloh #anies #baswedan #langit #bumi

KOMENTAR