Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda dan 3 Cara Mencegah Rambut Beruban di Usia Dini
Ilustrasi- Rambut beruban terlalu dini/ https://www.freepik.com/
18:02
17 April 2024

Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda dan 3 Cara Mencegah Rambut Beruban di Usia Dini

 

 – Rambut beruban di usia muda sering kali dianggap menjadi bencana fisik bagi sebagian orang.

Begi beberapa orang, rambut beruban dianggap sebagai masalah penuan dini yang mungkin kurang dipahami sebabnya.

Sebagai informasi yang dilansir dari Best Life, hasil penelitian terkini menunjukkan bahwa 72 persen wanita merasa khawatir dengan kemungkinan munculnya rambut beruban terlalu dini.

Mereka menganggapnya sebagai tanda penuaan yang lebih mengganggu daripada perubahan fisik lainnya.

Tapi jangan khawatir, jika Anda ingin menunda proses beruban terlalu dini, dokter naturopati Janine Bowring, ND, dalam Best Life menawarkan beberapa strategi sederhana namun efektif untuk mencegah munculnya uban di usia muda.

Meskipun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan beruban terlalu dini, termasuk faktor genetik dan gaya hidup, Bowring menyoroti satu aspek penting yang sering diabaikan yakni dampak pewarnaan rambut.

Dalam sebuah video TikTok Bowring, dia menyarankan bahwa meskipun mewarnai rambut Anda mungkin bisa menyembunyikan uban secara sementara, sebenarnya itu bisa mempercepat proses beruban.

Selain itu, perubahan alami yang terjadi dalam rambut dan kulit kepala seiring waktu, diperparah oleh stres dan stres oksidatif yang bisa mengurangi produksi melanin. Pigmen inilah yang bertanggung jawab atas warna rambut.

Sel-sel melanosit yang penting untuk produksi pigmen, rentan terhadap stres oksidatif, yang dapat menyebabkan beruban terlalu dini.

Tips Mengatasi Beruban Terlalu Dini:

1. Pastikan Asupan Vitamin D yang Cukup

Vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga produksi pigmen oleh sel melanosit. Bowring menekankan pentingnya terpapar sinar matahari alami, yang membantu dalam sintesis vitamin D dalam tubuh.

Selain itu, makanan kaya vitamin D seperti salmon, trout, jamur, telur, sereal yang diperkaya, susu, dan jus dapat melengkapi asupan harian Anda. Disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan suplemen.

2. Konsumsi Mineral Secukupnya

Mineral penting seperti magnesium, tembaga, seng, besi, dan kalsium sangat penting untuk menjaga melanosit tetap sehat dan menunda beruban terlalu dini.

Meskipun diet seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu biasanya memberikan mineral yang cukup, beberapa orang mungkin memerlukan suplemen, terutama untuk kalsium dan magnesium.

3. Dapatkan Vitamin B dari Makanan Utuh

Vitamin B sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan menunda beruban. Bowring menyarankan untuk mendapatkan vitamin B dari sumber makanan utuh daripada suplemen sintetis.

Berbagai jenis vitamin B dapat ditemukan dalam makanan seperti kacang polong, kacang, buah-buahan, hati, unggas, daging babi, kedelai, oat, dan produk susu. Berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli gizi dapat membantu menyesuaikan diet Anda sesuai kebutuhan.

Dengan menerapkan strategi sederhana namun efektif ini, Anda dapat memberdayakan diri untuk menggapai kecantikan alami sambil menunda munculnya rambut beruban terlalu dini. Ingatlah, jangan pernah terlambat memprioritaskan kesehatan rambut dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

   ***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #penyebab #munculnya #uban #usia #muda #cara #mencegah #rambut #beruban #usia #dini

KOMENTAR