Bacaan Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis Lengkap
Ilustrasi Puasa - Bacaan Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis Lengkap (Freepik)
22:34
15 Januari 2024

Bacaan Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis Lengkap

Bulan Rajab salah satu bulan haram (bulan yang dimulaikan). Pada bulan tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah Rajab. Adapun niat puasa Rajab sekaligus puasa senin kamis yakni sebagai berikut.

Diketahui, 1 Rajab 1445 H bertepatan dengan 13 Januari 2024. Melaksanakan puasa Rajab bisa dilakukan pada pertengah bulan Rajab yakni 13, 14, dan 15 atau seperti puasa Ayyamul bidh. Selain itu, puasa Rajab juga bisa dilakukan pada hari Senin dan Kamis.

Untuk hukum melaksanakan puasa Rajab atau puasa Senin Kamis di bulan Rajab hukumnya sunnah. Namun jika kamu melaksanakan puasa qadha Ramadhan di bulan Rajab, maka hukumnya menjadi wajib.

Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini bacaan niat puasa Rajab sekaligus puasa senin kamis lengkap dengan hukum, doa buka puasa, dan keutamaan puasa Rajab yang dilansir dari berbagai sumber.

Niap Puasa Rajab dan Puasa Senin Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnati Rajaban lillahi ta'ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT”

Bagi yang lupa membaca niat puasa pada malam, maka bisa membaca niat pada pagi hari. Adapun bacaan niatnya seperti berikut ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma hadza al-yawmi 'an adaa'i sunnati Rajab lillahi ta'ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab hari ini karena Allah SWT”

Sebelumnya telah disebutkan bahwa puasa Rajab juga bisa dilakukan seperti saat melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis. Untuk niat puasa Rajab pada hari Senin, berikut ini bacaan niatnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillahi ta'ala

Artinya: Aku berniat puasa sunah hari Senin karena Allah ta'ala

Sedangkan untuk bacaan niat puasa Rajab pada hari Kamis yakni sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِي يَوْمِ الْحَمِيْسِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma gadin fi yaumil-khamisi sunnatan lillāhi ta'ala

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari Kamis sunnah karena Allah Ta'ala.

Setelah melaksanakan puasa sunnah Rajab dari terbit fajar hingga terbenam matahari, maka saatnya waktu untuk berbuka. Saat berbuka puasa, disunnahkan juga untuk membaca doa buka puasa. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Keutamaan Puasa Rajab

Puasa Rajab memiliki beberapa keutamaan, salah satu yaitu diberikan nikmat surga oleh Allah SWT. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim berikut ini

"Bahwasanya di surga ada sebuah sungai Rajab, airnya putih melebihi susu, manis melebihi madu, siapa yang puasa sehari di bulan Rajab, pasti Allah memberinya minum dari sungai (bengawan) tersebut" (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, puasa Rajab juga memiliki keutamaan lainnya seperti yang tertuang dalam Al Quran Surat At-Taubah ayat 36 yang bunyi ayatnya sebagai berikut:

Inna 'iddatasy-syuhuri 'indallahitsna 'asyara syahran fi kitabillahi yauma khalaqas-samawati wal-ardla min-ha arba'atun ḫurum, dzalikad-dinul-qayyimu fa la tadhlimu fihinna anfusakum wa qatilul-musyrikina kaffatang kama yuqatilunakum kaffah, wa'lamu annallaha ma'al-muttaqin."

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa."

Demikian ulasan mengenai niat puasa Rajab sekaligus puasa Senin Kamis lengkap dengan hukum, doa buka puasa, dan keutamaan puasa Rajab. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #niat #puasa #rajab #sekaligus #puasa #senin #kamis #lengkap

KOMENTAR