Growth Mindset, 1 dari 8 Ciri Perempuan Kuat yang Tidak Butuh Pria untuk Bahagia
ILUSTRASI: Seorang perempuan sedang melakukan perawatan diri dengan memakai masker wajah. (Freepik/Senivpetro)
07:44
15 April 2024

Growth Mindset, 1 dari 8 Ciri Perempuan Kuat yang Tidak Butuh Pria untuk Bahagia

– Perempuan yang bahagia dan kuat tanpa bergantung pada orang lain merupakan hal yang sangat mengagumkan dan menginspirasi untuk dijadikan teladan.

Namun, hal ini tidak bisa dipukul sama rata bagi semua perempuan. Ada beberapa dari kalangan kaum hawa ini yang bahagia bersama pasangan. Ada pula yang bisa bahagia dengan diri sendiri tanpa menggantungkan kebahagiaan dengan siapa pun, termasuk pria.

Tidak jarang orang yang membuat mereka penasaran apa yang membuat mereka memilih menjadi perempuan kuat yang bisa bahagia tanpa bergantung kepada pria.

Srikandi yang seperti ini sangat memahami bahwa menemukan kebahagiaan dan kekuatan dari dalam adalah sebuah terobosan.

Dilansir dari laman Hackspirit, terdapat 8 ciri perempuan yang kuat dengan tidak membutuhkan sandaran pria untuk menemukan kebahagiaan dalam hidupnya, sebagai berikut:

1. Mempunyai kepercayaan diri yang kuat dan kokoh

Ciri paling menarik dari perempuan kuat dan mandiri adalah memiliki rasa percaya diri yang kokoh dan tak mudah digoyahkan. Perempuan yang kuat sangat memahami tentang harga dirinya sehingga dia tidak mencari pengakuan dari orang lain terutama laki-laki.

Bahkan dia memiliki kesadaran yang tinggi dalam menilai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Pada dasarnya kepercayaan diri seorang perempuan kuat tidaklah dangkal atau bergantung pada persetujuan eksternal.

Kepercayaan diri yang mendalam bisa memberdayakan untuk mengejar Hasrat dan mengatasi tantangan yang pada akhirnya menemukan kebahagiaan dalam dirinya tanpa memerlukan seorang pria untuk membuktikan kebahagiaannya.

2. Memiliki rasa kemerdekaan yang mendalam

Wanita kuat sudah tentu memiliki kemandirian yang tinggi. Kemandirian ini bukan sekedar mampu mengurus diri sendiri namun bisa lebih dari itu. Rasa mandiri pada wanita kuat ini berakar pada kemampuan mereka untuk membuat keputusan bagi diri mereka sendiri.

Wanita kuat tidak ada prinsip bersandar pada orang lain demi kebahagiaan atau kepuasan mereka. Justru mereka akan berfokus untuk mengeksplorasi minat mereka, menetapkan tujuan pribadi dan berusaha mencapainya.

3. Memiliki kecerdasan emosional

Selain memiliki kemandirian, wanita kuat juga memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. Artinya mereka memiliki pemahaman yang tajam tentang emosi mereka dan mampu mengelolanya secara efektif.

Kesadaran emosional ini memungkinkan mereka untuk menavigasi hubungan dan situasi dengan kedewasaan dan keanggunan. Sehingga tidak heran jika wanita kuat mampu menghadapi naik turun kehidupan dengan elegan dan berkelas.

4. Mempunyai empati dan kasih sayang

Empati bukanlah tentang tanda kelemahan namun tentang bukti kekuatan emosional dan kecerdasan seseorang termasuk wanita kuat. Empati dan kasih sayang mereka kontribusikan terhadap kekuatan mereka.

Hal ini membuat mereka untuk mampu membentuk hubungan yang bermakna dan menjaga hubungan yang sehat tanpa memerlukan pria untuk memberikan dukungan emosional atau validasi.

5. Mengutamakan citra diri yang positif

Sifat lain yang membedakan perempuan kuat dan mandiri adalah citra diri mereka yang positif. Mereka tidak mengikuti definisi konvensional kecantikan atau kesuksesan namun justru menentukan standar hidup sendiri.

Wanita kuat lebih bisa mencintai diri sendiri sehingga bisa menerima kelebihan dan kekurangan dalam diri. Citra diri yang positif bisa tercermin dari mereka dalam beberapa hal seperti menjaga kesehatan dan kebugaran fisik , berpakaian rapi, serta memprioritaskan kesehatan mental.

6. Memiliki pola berpikir “Growth Mindset

Wanita yang kuat akan selalu bersemangat untuk belajar, berkembang dan memperluas wawasannya dan tidak takut untuk keluar dari zona nyamannya. Baik itu mempelajari keterampilan baru, mengerjakan proyek hingga menjelajahi budaya asing.

Mereka juga memahami bahwa pertumbuhan sering kali datang dari ketidaknyamanan dan tantangan sehingga mereka tidak menghindar darinya.

7. Memiliki ketahanan yang baik dalam menghadapi kesulitan

Perempuan yang kuat dan mandiri memiliki tingkat ketahanan yang luar biasa sehingga mereka tidak membiarkan kesulitan hidup menjatuhkannya namun justru menggunakan tantangan tersebut sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih kuat dan tangguh.

Mereka juga menyadari bahwa hidup tak selalu mudah namun ada masa sulit, kegagalan bahkan kekecewaan dan mereka memanfaatkan ini semua untuk membangun ketahanan dan ketabahan.

8. Self love dan merawat diri

Ciri perempuan kuat yang terakhir adalah bisa mencintai diri dan lebih peduli dengan diri sendiri. Mereka sangat memahami pentingnya menjaga kesejahteraan fisik, emosional dan mental.

Mereka biasanya meluangkan waktu untuk mereka sendiri, melakukan aktivitas yang mereka sukai, dan memastikan mereka selalu memelihara pikiran dan tubuh. Bahkan mereka tidak membutuhkan pria atau siapa pun untuk merawatnya namun mereka memberikan cinta dan perhatian untuk diri mereka sendiri. (*)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #growth #mindset #dari #ciri #perempuan #kuat #yang #tidak #butuh #pria #untuk #bahagia

KOMENTAR