Lebaran Haji 2024 Tanggal Berapa? Hitung Mundur Hari Raya Idul Adha
Lebaran Haji 2024 Tanggal Berapa? Hitung Mundur Hari Raya Idul Adha (freepik)
20:49
14 April 2024

Lebaran Haji 2024 Tanggal Berapa? Hitung Mundur Hari Raya Idul Adha

Lebaran haji merupakan istilah lain untuk menyebut hari raya Idul Adha. Lebaran haji akan tiba setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Lantas, lebaran haji 2024 tanggal berapa dalam kalender nasional?

Pemerintah melalui SKB 3 Menteri menandai lebaran haji 2024 jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Meskipun demikian, kepastian ataupun penetapan resmi Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dari pemerintah masih harus menunggu hasil sidang isbat yang biasanya diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). 

Sementara itu, Muhammadiyah juga sudah menetapkan Idul Adha 2024 melalui Maklumat nomor 1/MLM/I.0/E/2024. Dalam maklumat tersebut tertera hari raya Idul Adha jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Itu artinya, jika ke depannya tidak ada perubahan maka perayaan hari raya Idul Adha antara pemerintah, NU, dan Muhammadiyah akan terjadi di waktu yang sama. 

Pengertian lebaran haji 

Mungkin masih ada di antara kita yang tidak mengetahui kenapa lebaran haji merupakan istilah lain untuk menyebut hari raya idul adha dan kenapa harus ada kurban. Lebaran haji merujuk kepada momen ibadah haji di tanah suci yang bertepatan dengan hari raya idul adha. Oleh karenanya, hari raya Idul Adha juga disebut dengan lebaran haji. 

Sementara itu, hari raya Idul Adha merupakan peringatan umat Islam atas perintah ibadah haji dan ibadah kurban dari Allah Swt. Bagi umat Islam, Allah Swt berfirman agar melaksanakan ibadah haji di tanah suci dan juga melaksanakan kurban. Oleh karena itu, Idul Adha merupakan perayaan sakral dalam tradisi islam. 

Bagi umat Islam yang tidak dapat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci dapat melaksanakan ibadah shalat ied secara berjamaah di lingkungan masing-masing kemudian dilanjutkan penyembelihan hewan kurban. Secara simbolik, aktifitas tersebut sudah dapat menjadi pengganti niat melaksanakan ibadah haji yang masih tertunda. 

Haji dalam bahasa arab berarti sasaran atau mencapai tujuan. Ibadah haji adalah aktifitas melaksanakan perjalanan istimewa menuju rumah Allah atau Ka'bah. Ibadah haji juga merupakan bagian dari rukun islam, sehingga umat Islam yang memenuhi syarat diwajibkan untuk melaksanakan haji. 

Keistimewaan ibadah haji

Rasulullah saw bersabda Islam didasarkan pada lima prinsipdan melaksanakan ibadah haji adalah salah satunya. Maka, orang-orang yang dapat melaksanakan ibadah haji akan mendapatkan banyak keistimewaan, antara lain:

1. Semua dosa akan diampuni

Abu Hurairah ra mengatakan bahwa Nabi saw bersabda "Siapapun yang melaksanakan ibadah haji karena Allah dan tidak melakukan hubungan dengan istrinya, dan tidak melakukan kefasikan atau perbuatan dosa maka ia akan kembali seolah-olah ia dilahirkan kembali."
Maksudnya ialah Allah Swt membersihkan dosa-dosa seseorang yang melaksanakan ibadah haji secara ikhlas. Di mana tujuannya bukanlah pamer melainkan untuk berjumpa dengan Allah Swt. 

2. Orang yang melaksanakan ibadah haji dijanjikan surga

Menyambung keistimewaan nomor satu, ketika ibadah haji seseorang diterima oleh Allah Swt, ia akan mendapatkan surga. Apabila niat dan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan firman Allah Swt, ia akan mendapatkan tidak hanya pahala tetapi juga surga. Tanda-tanda ibadahhaji diterima ialah hati semakin lapang, bijak, dan tidak lagi tertarik dengan hal-hal material. 

3. Impiannya akan terkabulkan

Sebuah hadis Ibn Majah menjelaskan bahwasanya orang-orang yang melakukan haji dan umrah merupakan delegasi Allah. Apabila mereka berdoa kepada Allah, dia akan diampuni dosa-dosanya dan impiannya akan terkabulkan.

Demikian itu informasi lebaran haji 2024 tanggal berapa. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #lebaran #haji #2024 #tanggal #berapa #hitung #mundur #hari #raya #idul #adha

KOMENTAR