Biodata dan Agama Dokter Tirta: Resmi Dukung Anies, Alasannya Tak Terduga
Dokter Tirta [Instagram/@dr.tirta]
18:51
15 Januari 2024

Biodata dan Agama Dokter Tirta: Resmi Dukung Anies, Alasannya Tak Terduga

Menjelang hari pencoblosan 14 Febuari 2024 mendatang, dukungan kepada ketiga capres seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan terus mengalir dari berbagai kalangan.

Selain mendapat dukungan dari banyak pihak seperti para ulama, Anies Baswedan juga mendapat dukungan dari seorang dokter sekaligus influencer yang cukup populer di Tanah Air. Sosok tersebut adalah dokter Tirta.

Dokter muda tersebut secara terang-terangan menyatakan mendukung capres nomor urut 1, yakni Anies Baswedan. Penyataan dukungan dokter Tirta disampaikan langsung lewat  akun X miliknya @tirta_cipeng pada Minggu, 14 Januari 2024.

Aku tahu paslon nomor 2 sudah diatas angin di berbagai survey. Aku hargai orang-orang yang memilih beliau. Aku juga tahu paslon nomor 3 cukup dikenal di area Jawa Tengah," begitu tulisnya, dikutip dari Suara.com pada Senin, (15/01/2024).

"Tapi aku berharap, What If, Gimana kalao semisal tokoh ini yang menang. So. Aku memutuskan dukung Pak Anies,” sambungnya.

Dukungan tersebut lantas memantik diskusi lebih lanjut di akun X nya. Secara umum dokter Tirta menyatakan semua orang berhak memilih dan juga menghormati pilihan yang berbeda.

Sebagai influencer, dokter Tirta juga punya rekam jejak yang mentereng di dunia bisnis. Lalu, siapakah sebenarnya Dokter Tirta? Berikut profil singkatnya:

Profil Dokter Tirta

Dokter Tirta memiliki nama lengkap Tirta Mandira Hudi. Ia lahir di Kota Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli 1991. Ia merupakan lulusan Magister Manajemen Bisnis di ITB (Institute Tehknologi Bandung).

Sebelum itu, ia mengenyam pendidikan kedokteran di UGM (Universitas Gajah Mada)  dan lulusan sebagai Magister dengan predikat cumlaude.

Sebelum melanjutkan ke pendidikan tiggi, Tirta bersekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Regina Pacis, Surakarta.

Kisah kehidupan

Sebelum sukses lulus sebagai mahasiswa kedokteran, menurut beberapa sumber, pria asal Surakarta ini pernah menjual gorengan di kampus untuk membiayai kuliahnya.

Minimnya mahasiswa yang sarapan pada hari, jadi awal bagi Tirta untuk memulai bisnis untuk menjual gorengan di lingkungan kampus.

Tirta rela bangun pagi untuk beli gorengan dengan dilanjutkan dengan tidur, lalu mulai kuliah pukul 7 pagi dan menjajakan gorengan ia beli dengan harga Rp400 perbiji karena di kantin harganya dijual 5x lipat lebih mahal.

“Ada yang ngejek pas semester 1, Cie anak kedokteran jualan gorengan. Udah lo gak usah jadi dokter aja. Jujur malu, tapi itu kan becandaan. Gue konsisten, selama 3 bulan dari jualan gorengan dapat Rp16,5 juta cash,” ujar Tirta dikutip dari Youtube Rico Huang.

Menggeluti dunia bisnis

Setelah lulus di fakultas kedokteran, dokter Tirta menjajal dunia bisnis, yakni menjual beberapa peralatan kesehatan dan sneakernya.

Dalam menjalankan bisnisnya itu, Ia seringkali kolaborasi dengan desainer ternama.

Kesuksesan dokter Tirta di duna bisnis, berkat pendidikan yang ia dapat di ITB, dimana dirinya pernah mengenyam pendidikan Manajemen Bisnis sehingga bisa memperluas jaringan bisnis hingga terkenal hingga saat ini.

Biodata Dokter Tirta

Nama lengkap: Tirta Mandira Hudi

Tempat lahir: Solo, Jawa Tengah

Tanggal lahir: 30 Juli 1991

Agama: Islam

Pendidikan:

  • Fakultas Kedokteran UGM 
  • Magister Manajemen Bisnis ITB

Pekerjaan: Dokter, influencer, pengusaha

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #agama #dokter #tirta #resmi #dukung #anies #alasannya #terduga

KOMENTAR