9 Perilaku yang Wajib Ditinggalkan jika Anda Ingin Menjadi Suami yang Lebih Baik
Ilustrasi pasangan suami istri bahagia karena suami selalu bertanggung jawab dan memahami kebutuhan istri. (Pexels/ Andrea Piacquadio)
16:10
10 April 2024

9 Perilaku yang Wajib Ditinggalkan jika Anda Ingin Menjadi Suami yang Lebih Baik

– Dalam sebuah pernikahan dibutuhkan peran suami sebagai kepala rumah tangga untuk membimbing, mendidik, dan mengarahkan istri dan anak ke jalan yang baik dan bermanfaat. Namun, menjadi suami yang baik agar mampu menjadi kepala rumah tangga yang patut diteladani juga sangatlah susah. Bahkan di era sekarang susah sekali menemukan suami yang bisa memperbaiki diri agar bisa lebih baik dari hari ini.

Artinya dalam hubungan pernikahan tidak ada yang sudah sempurna. Baik istri atau suami tetap harus belajar agar mampu mengenali mana yang salah dan mana yang harus diperbaiki.

Suami diharapkan menjadi yang lebih baik karena pemimpin dalam rumah tangga. Ibaratnya kunci bahagia dan selamat tidaknya pernikahan dilihat dari suaminya.

Dilansir dari laman Hackspirit, terdapat beberapa perilaku yang harus ditinggalkan agar menjadi suami yang lebih baik, di antaranya:

1. Mengabaikan komunikasi

Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan. Tidak sedikit orang yang gagal pernikahan karena komunikasi yang tidak sehat. Suami yang hebat adalah dia yang mengetahui dan memahami pentingnya komunikasi.

Bahkan saat ada masalah, dia lebih memilih untuk menyembunyikan karena dia ingin menghindari kebencian atau perselisihan. Pasalnya hal ini akan lebih berbahaya karena seiring berjalannya waktu emosi dalam diri akan bergejolak keluar.

2. Menganggap remeh pasangan Anda

Dalam kunci berhasilnya dalam hubungan pernikahan, pasangan suami istri tidak boleh menganggap remeh pasangan. Termasuk pihak suami karena dia yang menjadi kepala rumah tangga.

Banyak suami yang menyesal pada saat pasca perpisahan karena selama pernikahan dia selalu meremehkan istrinya. Oleh sebab itu, untuk menjadi lebih baik Anda bisa mulai mengucapkan terima kasih.

3. Menghindari tanggung jawab

Tidak hanya soal pernikahan, namun pekerjaan rumah, mengasuh anak atau dukungan emosional tentu sangat dibutuhkan rasa tanggung jawab. Untuk menjadi suami yang lebih baik mulailah untuk selalu berkomitmen dalam bertanggung jawab keluarga.

Justru saat menghindari dan melalaikan tugas dapat membuat pasangan Anda merasa kewalahan dan diremehkan.

4. Tidak mendengarkan secara aktif

Menjadi suami yang baik tidak harus selalu berkaitan dengan finansial namun tentang menjadi pendengar yang aktif. Mendengarkan disini artinya memahami bukan untuk membalas.

Dengan Anda mendengarkan dengan aktif, maka Istri Anda merasa dicintai dan dipahami. Hal ini memperkuat ikatan cinta dan kasih dalam hubungan Anda.

5. Menahan kasih sayang

Tak sedikit suami yang sering melupakan kasih sayang termasuk saat usia pernikahan sudah berlangsung lama. Kasih sayang ini bisa Anda mulai dengan hal sederhana misalnya mengatakan “Aku mencintaimu” sebelum berangkat kerja.

Selain manis, kalimat tersebut ada kekuatan yang bisa memberikan kasih sayang yang lebih mengena ke istri daripada hanya kata-kata tanpa tindakan.

6. Menolak permintaan maaf

Dalam hubungan pernikahan, suami sangat penting dalam mempertanggungjawabkan tindakan Anda. Namun banyak suami yang menolak untuk meminta maaf dengan dalih harga diri.

Pasalnya kita semua adalah manusia yang memiliki potensi kesalahan sehingga tidak masalah jika meminta maaf dalam hubungan pernikahan.

7. Mengabaikan kebutuhan pasangan Anda

Setiap pasangan yang sudah menikah memiliki hak dan tanggung jawab. Artinya istri Anda memiliki kebutuhan begitu pula Anda sebagai seorang suami. Tak sedikit suami yang sering menuntut haknya daripada mempedulikan kebutuhan istri sudah dipenuhi atau tidak.

8. Tidak mendukung tujuan pasangan Anda

Suami yang baik adalah yang selalu mendukung tujuan pasangan Anda terlebih jika itu bermanfaat baik untuk keluarga ataupun orang lain. Sejatinya hubungan pernikahan yang sehat adalah pasangan yang di dalamnya saling mendukung.

9. Tidak menerima perubahan

Dalam hubungan pernikahan terlebih jika usia pernikahan sudah lama tentu banyak sekali perubahan pada pasangan Anda baik dari fisik ataupun pemikiran. Anda jika ingin menjadi suami yang lebih baik dari hari ini sangat perlu menerima perubahan.

Semakin Anda menolak perubahan maka semakin banyak kekurangan pasangan yang sebenarnya juga terjadi di Anda. Hal ini jika berlangsung terus-menerus bisa menyebabkan perselisihan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #perilaku #yang #wajib #ditinggalkan #jika #anda #ingin #menjadi #suami #yang #lebih #baik

KOMENTAR