Simak 5 Cara Belajar Berhitung Seru Agar Anak Tidak Terbebani, Ada Kartu Flash hingga Puzzle
Ilustrasi anak sedang mengasah berhitung melalui kemampuan logika yang dilatih dari bermain puzzle (pexels/ Yan Krukau)
09:22
9 April 2024

Simak 5 Cara Belajar Berhitung Seru Agar Anak Tidak Terbebani, Ada Kartu Flash hingga Puzzle

– Belajar berhitung dan matematika sering dinilai sulit oleh anak-anak, bahkan tidak sedikit yang merasa trauma dan benci ketika berjumpa dengan mata pelajaran tersebut.

Hal tersebut bisa dipicu oleh beberapa faktor. Salah satunya anak bosan terkesan kaku dengan metode pembelajaran berhitung. Oleh sebab itu, pembelajaran matematika harus dibuat seseru mungkin agar anak tidak merasa terbebani.

Apabila belajar berhitung dibuat seseru mungkin tentu anak-anak menjadi tidak bosan dan lebih suka. Dengan demikian, anak-anak menjadi lebih enjoy belajar berhitung dan materi yang disampaikan lebih mudah diterima.

Dilansir dari laman Apple Tree Pre School, ada 5 cara yang bisa diterapkan orang tua dalam belajar berhitung agar anak merasa tidak terbebani:

  1. Belajar melalui nyanyian

Sudah menjadi rahasia umum jika anak-anak suka dengan kegiatan menyanyi. Mereka lebih mudah menghafal lirik beserta nadanya daripada menghafal materi di buku.

Hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik, orang tua bisa mendampingi anak belajar hitungan 1-10 dengan nyanyi. Atau bisa mencari di internet variasi lagu anak-anak yang edukasi.

Dengan cara ini anak anak lebih berpeluang lebih mudah menghafal matematika daripada harus belajar manual tanpa ada lagu. Anak-anak lebih merasa bosan jika tak ada nada.

  1. Kartu flash

Kartu flash atau Flashcard ini lebih dikenal dengan media pembelajaran bahasa asing seperti bahasa inggris atau arab. Namun ada beberapa flash card berhitung misalnya angka 1 hingga 10. Orang tua bisa mengkreasikan cara bermainnya. Misalnya dengan mengurutkan, menebak atau mengisi yang kosong. 

Untuk anak yang sudah memasuki TK dan SD bisa ditingkatkan lagi menjadi rumus-rumus matematika. Tentu hal ini jauh lebih seru karena flash card didesain dengan warna dan gambar yang menarik sehingga anak tidak bosan.

 

  1. Membuat kue

Kegiatan lain yang bisa mendorong belajar berhitung dengan seru kepada anak adalah saat membuat kue. Terdengar sepele namun orang tua bisa menyisipkan beberapa momen untuk belajar berhitung.

Contohnya belajar menghitung takaran jumlah telur dan berapa sendok makan gula pasir. Untuk anak yang sudah memasuki jenjang SD bisa ditingkatkan dengan membaca timbangan saat menakar tepung terigu.

  1. Permainan peran pedagang dan pembeli

Melalui permainan ini, anak bisa belajar menghitung barang hingga rumus sederhana seperti penjumlahan dan pengurangan. Orang tua bisa memancing anak untuk menghitung berapa jumlah barang yang ia beli dan berapa total harga yang perlu dibayar.

Untuk meningkatkan permainan ini, bisa diperkenalkan dengan sistem pertukaran uang dan sistem kembalian.

  1. Bermain teka teki atau puzzle

Menurut sebuah penelitian, anak yang terbiasa bermain puzzle terbukti lebih unggul dalam pelajaran matematika dibandingkan dengan anak yang tidak memainkan puzzle.

Pasalnya memang puzzle mampu melatih kemampuan anak untuk menyelesaikan sebuah masalah. Secara tidak langsung maka bisa mengasah logikanya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #simak #cara #belajar #berhitung #seru #agar #anak #tidak #terbebani #kartu #flash #hingga #puzzle

KOMENTAR