Doa Buka Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis: Latin dan Artinya
Ilustrasi puasa - Doa Buka Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis: Latin dan Artinya [Istimewa]
13:22
15 Januari 2024

Doa Buka Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis: Latin dan Artinya

Setelah menjalani ibadah puasa Rajab seharian penuh, maka umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa buka puasa Rajab dan puasa Senin Kamis saat waktu berbuka puasa tiba.

Di tahun 2024 atau 1445 Hijriah, bulan Rajab jatuh pada tanggal 13 Januari 2024. Mulai hari itu, umat Muslim dapat mulai mengerjakan puasa Rajab.

Mengerjakan puasa Rajab menjadi salah satu amalan bulan Rajab 10 hari pertama yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Meski demikian, puasa sunnah ini tidak boleh dikerjakan selama sebulan penuh.

Dari NU Online disampaikan bahwa puasa Rajab tidak boleh dilakukan selama satu bulan penuh. Puasa ini hanya boleh dilakukan beberapa hari saja, karena puasa selama satu bulan penuh dimakruhkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dinukil dari NU Online, seseorang yang mampu menjalani puasa Rajab selama satu hari saja akan mendapatkan keutamaan yang sangat luar biasa, yaitu setara berpuasa selama satu bulan penuh. Imam Fakhruddin al-Razi mengutip hadits tersebut dalam kitabnya yang berjudul Mafatih al-Ghaib (juz 16, h.54) sebagai berikut.

مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ أَشْهُرِ اللّٰهِ الْحُرُمِ كَانَ لَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا

Artinya, "Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari."

Saat mengerjakan puasa Rajab, umat Muslim juga bisa menggabungnya dengan puasa sunnah lainnya, seperti puasa Senin dan Kamis apabila dikerjakan di hari Senin atau Kamis.

Lalu, bagaimana bacaan doa buka puasa Rajab sekaligus puasa Senin Kamis yang benar?

Doa Buka Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Latin: Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa 'ala rizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.
Arab, latin dan artinya.

Demikianlan bacaan doa buka puasa Rajab sekaligus puasa Senin Kamis yang dapat Anda baca setelah memasuki waktu berbuka puasa, yakni ketika matahari mulai terbenam dan adzan maghrib telah berkumandangg.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #buka #puasa #rajab #sekaligus #puasa #senin #kamis #latin #artinya

KOMENTAR