Banjir Diskon, Belanja Lewat Fitur Siaran Langsung di Ecommerce Jadi Tren Selama Ramadan 2024
Ilustrasi live streaming atau siaran langsung belanja. (Foto: Pexels/Liza Summer)
15:41
4 April 2024

Banjir Diskon, Belanja Lewat Fitur Siaran Langsung di Ecommerce Jadi Tren Selama Ramadan 2024

Jelang lebaran Idulfitri 2024, kebutuhan biasanya meningkat. Itu sebabnya, perilaku belanja juga ikut meningkat, termasuk belanja makanan hingga pakaian baru di ecommerce untuk digunakan saat momen silaturahmi nanti.

Selain belanja offline dengan datang langsung ke toko, kebiasaan berbelanja secara online melalui ecommerce juga rupanya kian tinggi saat mendekati hati raya.

Menariknya, tahun ini, pengguna ecommerce rupanya punya kebiasaan baru berbelanja dengan membeli barang lewat fitur interaksi live shopping. Platform Shopee Indonesia mencatat kalau transaksi melalui Shopee Live di waktu sahur meningkat hingga 44 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan waktu yang sama di hari biasa.

“Interaksi yang dapat dinikmati oleh pengguna melalui berbagai fitur kami seperti, Shopee Live hingga Shopee Video masih menjadi daya tarik utama dalam perjalanan belanja online pengguna pada Ramadan tahun ini," kata Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024).

Belanja juga kian meningkat ketika adanya promo lewat kampanye Shopee Big Ramadan Sale, di mana animo tinggi terlihat dari para pembeli memanfaatkan banyak diskon serta keseruan flash sale pada jam-jam tertentu, lanjut Monica.

Menurut Monica, fitur interaktif lewat siaran langsung para penjual bisa menarik minat pembeli karena terdapat berbagai keseruan yang bisa dimanfaatkan. Seperti, mendapatkan keuntungan melalui promo besar, menonton konten yang menemani waktu ngabuburit, hingga adanya sesi flash sale mobil dan motor seharha Rp1.

Shopee menemukan bahwa pengguna menghabiskan 68 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan di Shopee Live sepanjang periode kampanye berlangsung, termasuk sesi live shopping dari para penjual.

Adapun barang-barang yang identik dengan momen Ramadan menjadi produk yang banyak dicari oleh pengguna pada fitur interaktif ini, misalnya sarung, cepol hijab, biskuit kaleng, hingga make up cushion.

Salah satu dampak positif dan signifikan yang dirasakan oleh penjual tidak hanya berasal dari tingginya aktivitas belanja di momen Lebaran, tetapi juga mengoptimalkan fitur dan program yang ditawarkan pada saat kampanye semakin menarik animo belanja.

Dengan kemudahan akses yang ditawarkan, ditambah dengan promo yang dihadirkan hingga tiga kali setiap harinya melalui Shopee Live, menjadikan fitur interaktif ini sebagai strategi utama bagi para penjual di bulan Ramadan ini. Shopee pun mencatatkan adanya peningkatan produk yang dipromosikan melalui Shopee Live lebih dari 5 kali lipat di sepanjang kampanye dibandingkan tahun lalu.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #banjir #diskon #belanja #lewat #fitur #siaran #langsung #ecommerce #jadi #tren #selama #ramadan #2024

KOMENTAR