4 Tips Membawa Hewan Peliharaan saat Mudik Lebaran, Simak Penjelasannya agar Kesayangan Terhindar Stres dan Tetap Nyaman
Tips membawa hewan peliharaan saat mudik. (Pixabay/Raindom)
07:40
4 April 2024

4 Tips Membawa Hewan Peliharaan saat Mudik Lebaran, Simak Penjelasannya agar Kesayangan Terhindar Stres dan Tetap Nyaman

– Jelang lebaran, banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong melakukan mudik untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

Tak sedikit dari para pemudik ini juga membawa hewan peliharaan kesayangannya untuk menikmati perjalanan bersama.

Pasalnya, meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah ketika semua penghuninya mudik adalah sesuatu yang tidak diinginkan.

Namun, tak banyak dari kita mengetahui mengenai bagaimana seharusnya membawa hewan peliharaan saat mudik lebaran.

Membawa hewan secara sembarangan dalam perjalanan jauh seperti mudik, justru memicu kondisi stres pada peliharaan.

Praktisi Klinik Universitas Airlangga, Triganita Intan Solikhah mengungkapkan bahwa terdapat beberapa gejala hewan peliharaan mengalami stres saat perjalanan.

“Gejalanya, yaitu diare, mual, muntah, pipis sembarangan, hingga lemas,” ungkapnya yang dikutip dari unair.ac.id pada Rabu (3/4).

Ketika hewan mengalami stres, tentu akan sangat merepotkan bagi kita selama perjalanan menuju kampung halaman.

Oleh karenanya, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan ketika membawa hewan peliharaan saat mudik lebaran sebagaimana yang dilansir dari unair.ac.id pada Rabu (3/4).

1. Berangkat pada malam hari

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan ketika hendak membawa hewan peliharaan ketika mudik adalah dengan melakukan perjalanan pada malam hari.

Perjalanan pada siang hari dengan kondisi yang panas dapat menjadikan hewan gelisah dan tidak nyaman.

“Karena, kucing sensitif pada suhu di siang hari,” jelas Triganita Intan Solikhah.

Oleh karenanya, untuk menghindari gelisah dan ketidaknyamanan pada hewan, dianjurkan untuk melakukan perjalanan pada malam hari.

2. Istirahat sejenak dalam perjalanan

Bukan hanya kita manusia ketika melakukan mudik perlu istirahat, melainkan juga hewan peliharaan perlu juga untuk rehat sejenak dalam perjalanan.

Hal ini bertujuan agar kita dan juga hewan peliharaan kita tidak begitu lelah dan stres selama mudik.

“Solusi mengatasi stres, yaitu dengan maksimal perjalanan 2 jam. Kemudian, diistirahatkan di tempat yang nyaman,” tutur dosen kedokteran hewan tersebut.

3. Memberi vitamin dan vaksin imunitas

Sebagaimana manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan vitamin dan vaksin imunitas untuk menjaga daya tahan tubuhnya selama perjalanan.

Pemberian vitamin dan vaksin bagi hewan dilakukan sebelum mudik untuk menghindari stres saat bepergian jauh.

“Vitamin dan vaksin sebaiknya diberikan pada hewan jauh sebelum perjalanan dilakukan. Itu untuk menghindari stres dalam perjalanan,” tutur alumni unair tersebut.

 

4. Kirim melalui cargo

Jika ingin tidak terlalu ribet membawa hewan peliharaan selama mudik dan ingin memberikan kenyamanan padanya, kamu bisa mengirim peliharaan melalui cargo khusus hewan.

“Hewan juga dapat dikirimkan menggunakan layanan kargo khusus hewan. Baik itu lewat udara maupun darat,” tandasnya.

Namun, jika mudik kamu hanya sesaat, tidak lebih dari seminggu, alangkah baiknya kamu menitipkan hewan peliharaan saja.

Penitipan hewan dapat menjadi alternatif untuk menjaga hewan peliharaan kamu selama mudik. Terlebih menghindari risiko selama perjalanan jauh.

“Jika perjalanan hanya 3-7 hari sebaiknya hewan peliharaan dititipkan saja pada layanan penitipan hewan. Khususnya yang memiliki dokter hewan jaga di dalamnya. Kecuali memang terpaksa dan lama,” pungkas Dosen SIKIA UNAIR Banyuwangi tersebut.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tips #membawa #hewan #peliharaan #saat #mudik #lebaran #simak #penjelasannya #agar #kesayangan #terhindar #stres #tetap #nyaman

KOMENTAR