Profil Riri Khasmita, Mantan ART Ibu Nirina Zubir yang Gugat Balik Soal Sertifikat Tanah
Riri Khasmita dan suami, Edrianto. [Instagram @ririkhasmita44]
15:33
3 April 2024

Profil Riri Khasmita, Mantan ART Ibu Nirina Zubir yang Gugat Balik Soal Sertifikat Tanah

Konflik antara Nirina Zubir dengan mantan Asisten Rumah Tangga (ART) sang ibu, Riri Khasmita kembali memanas. Sebelumnya, Nirina berhasil menang dalam sengketa kepemilikan tanah yang sempat dialihkan oleh Riri secara ilegal.

Namun, Nirina harus kembali menjalani sidang karena Riri menggugat Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta, Alen Saputra terkait hak atas tanah tersebut.

Nirina Zubir menduga bahwa mantan ART ibunya itu sengaja menggugatnya karena dendam telah dijebloskan ke penjara oleh Nirina dan keluarganya.

"Itulah Na (sebutan Nirina kepada dirinya sendiri) bingung kok digugat lagi. Na bilang berani banget kamu ya, pemerintah pun disikat. Kemarin juga ada gugatan ke pihak kepolisian, sekarang malah gugat ke BPN. Kan semua sudah jelas, kami ahli warisnya, mau apa lagi? Udah dong," jelas Nirina saat hadir dalam panggilan PTUN Jakarta pada Selasa (2/4/2024) kemarin.

Nirina yang hadir bersama sang suami, Ernest sempat adu mulut dengan tim kuasa hukum Riri yang dituduhnya sengaja cari panggung. Nirina mengaku dirinya berani karena tim kuasa hukum Riri disebutnya sebagai pembela orang yang salah. Kini, Riri sudah berstatus sebagai tersangka dan divonis kurungan 13 tahun penjara.

Lalu, seperti apa sosok mantan ART ibu Nirina Zubir ini? Simak inilah profil Riri Khasmita selengkapnya.

Profil Riri Khasmita

Nama Riri Khasmita mulai dikenal publik saat Nirina Zubir menyeret namanya ke publik dengan tuduhan kasus mafia tanah atau penggelapan dokumen pertanahan. Penggelapan itu dilakukan Riri bersama suami dengan oknum notaris dengan merebut sertifikat tanah milik ibu Nirina Zubir pada tahun 2017 silam.

Riri sendiri dikenal sebagai salah satu ART yang bekerja dengan ibu Nirina Zubir yang wafat pada tahun 2019 lalu. Riri diakui Nirina dikenal sebagai pribadi yang baik selama bekerja dengan sang ibu. Wanita 42 tahun tersebut juga kerap mendukung Nirina dalam karirnya sebagai pemain film.

Riri bahkan beberapa kali diundang bersama sang suami, Endiarto untuk hadir dalam premiere film-film Nirina Zubir. Konflik antara Nirina dan Riri bermula setelah meninggalnya sang ibu. Nirina dan keluarganya mulai mencari tahu soal keberadaan surat-surat kepemilikan dan sertifikat tanah milik sang ibu yang diketahui tersebar di berbagai daerah.

Namun, Nirina menemukan fakta bahwa beberapa sertifikat tanah milik sang ibu sudah digelapkan dan digadaikan Riri ke bank. Hal ini membuat Nirina dan keluarganya murka lantaran Riri sudah tidak bekerja dengan keluarganya sejak beberapa tahun sebelumnya.

Nirina kemudian mendapatkan kabar bahwa Riri menggunakan uang kerugian sebesar Rp17 miliar dari penggadaian surat tanah dan balik nama tanah tersebut untuk membangun bisnis.

Nirina akhirnya melaporkan Riri dan suaminya serta oknum notaris yang diduga membantu Riri dalam menggelapkan sertifikat tanah tersebut ke Polda Metro Jaya pada tahun 2021 lalu. 

Setelah hampir dua tahun proses pengembalian sertifikat tanah, Nirina akhirnya menerima kembali sertifikat tanah milik sang ibu atas namanya dan keluarga sebagai ahli waris pada Februari 2024 lalu.

Namun kini, Riri pun mencoba untuk menggugat kembali kasus tersebut dengan tuduhan kecacatan hukum dalam sertifikat tanah yang sudah kembali ke tangan Nirina. 

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #riri #khasmita #mantan #nirina #zubir #yang #gugat #balik #soal #sertifikat #tanah

KOMENTAR