Mengenal 5 Jenis Bahasa Cinta alias Love Language, Anda Termasuk yang Mana?
ilustrasi bahasa cinta Acts of service. Sumber foto: Freepik
16:16
30 Maret 2024

Mengenal 5 Jenis Bahasa Cinta alias Love Language, Anda Termasuk yang Mana?

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana sebagian orang merasa lebih dihargai dan dicintai ketika menerima hadiah, sementara yang lain merasa senang hanya dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama orang terkasih?

Ini hanyalah contoh bahasa cinta atau dikenal love language, mengacu pada cara berbeda seseorang mengekspresikan dan memahami cinta, baik dengan pasangannya atau dalam hubungan platonis.

Istilah love language pertama kali diciptakan oleh konselor pernikahan Gary Chapman dalam bukunya 'The Five Love Languages' pada tahun 1992, dikutip dari Times of India, Sabtu (30/3).

Mengetahui bahasa cinta Anda dan pasangan bisa sangat membantu dalam memahami dan berkomunikasi, sekaligus meningkatkan kualitas hubungan kalian.

Berikut lima jenis love language yang harus Anda ketahui:

Words of affirmation

Jika Anda merasa dicintai saat merasa dihargai, diberi semangat, atau ketika orang mengungkapkan rasa cintanya kepadamu, maka words of affirmation adalah bahasa cinta utama Anda.

Kata-kata sangat berarti bagi Anda dan memilih untuk menggunakannya dengan bijak dan jujur, sehingga Anda juga percaya ketika seseorang mengucapkan kata-kata penuh kasih kepada Anda, itu pasti tulus.

Mendengar “Aku cinta kamu” dan kata-kata penyemangat atau penghargaan memang membuatmu bahagia, dan itulah jalan menuju hatimu.

Quality time

Jika memberi dan menerima perhatian penuh dari orang yang Anda sayangi merasa lebih terhubung dengan mereka atau jika Anda merasa terputus ketika tidak bisa menghabiskan cukup waktu bersama, maka quality time mungkin adalah bahasa cinta Anda.

Untuk memenangkan hatimu, pasangan Anda harus mengadakan kencan malam secara teratur di mana kalian berdua mematikan telepon saat sedang bersama dan berbicara secara terbuka satu sama lain.

Physical touch

Jika Anda adalah tipe orang yang mudah tersinggung dan merasa lebih terhubung dengan pasangan Anda melalui sentuhan fisik (baik non-seksual atau seksual), maka inilah bahasa cinta Anda.

Physical touch seperti berpegangan tangan, mencium, berpelukan, dan lainnya penting bagi Anda dalam suatu hubungan.

Acts of service

Anda suka melakukan tindakan kebaikan tanpa pamrih dan bijaksana untuk pasangan yang membuat mereka merasa bahagia.

Anda juga merasa dicintai dan dihargai ketika orang lain melakukan hal yang sama untuk Anda tanpa diminta, maka acts of service adalah bahasa cinta Anda.

Tindakan benar-benar memengaruhi daripada kata-kata bagi Anda. Nah, untuk membuat Anda merasa dicintai, seseorang perlu melakukan upaya melakukan sesuatu untukmu.

Receiving gift

Jika receiving gift adalah bahasa cinta Anda, maka Anda suka memberi dan menerima hadiah karena hal ini membuatmu merasa dicintai dan dihargai.

Besarnya pemikiran seseorang untuk menghadiahkan Anda sesuatu, menunjukkan betapa mereka peduli dan menghormati Anda. Jadi, memberi Anda hadiah terutama dengan tambahan sentuhan pribadi akan membuatmu merasa istimewa dan bahagia.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengenal #jenis #bahasa #cinta #alias #love #language #anda #termasuk #yang #mana

KOMENTAR