Agar Sang Buah Hati Terus Merasa Dicintai, Lakukan Hal Ini di 6 Tahun Pertama Kelahirannya
Pahami tipe bahasa cinta sang anak di 6 tahun pertama (focusonthefamily.com)
13:46
30 Maret 2024

Agar Sang Buah Hati Terus Merasa Dicintai, Lakukan Hal Ini di 6 Tahun Pertama Kelahirannya

 

 Kebanyakan orang tua, berdedikasi penuh untuk memenuhi kebutuhan fisik anak kecil mereka. Namun, mereka mungkin tidak terlalu memikirkan kebutuhan emosional sang anak.

Salah satu kebutuhan emosional yang penting bagi kesejahteraan anak adalah kebutuhan untuk merasa dicintai.

Untuk diketahui, enam tahun pertama sangatlah penting dalam memenuhi kebutuhan emosional ini.

Dilansir dari focusonthefamily.com, Sabtu (30/3), yang paling penting untuk dilakukan pada tahap awal adalah, orang tua harus menguasai kelima bahasa cinta untuk mengetahui tipe bahasa cinta anak Anda.

  • Sentuhan fisik (Physical touch) adalah bahasa paling alami bagi orang tua. Hampir naluriah untuk selalu ingin menggendong dan memeluk anak kecil.

Bahkan, semua penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima sentuhan lembut pada tahap kehidupan ini akan jauh lebih sehat secara emosional dibandingkan anak-anak yang menerima sedikit sentuhan.

  • Tindakan pelayanan (Acts of service) adalah bahasa cinta yang harus Anda lakukan agar anak Anda dapat bertahan hidup. Misalnya, saat anak Anda masih bayi, Anda mungkin akan memberi makan, membersihkan, dan mengganti baju serta popoknya.

Saat ia bertumbuh, Anda akan melayaninya dengan memaparkannya pada hal-hal yang dapat ia lihat, sentuh, rasakan, cium, dan dengar. Anda melakukan hal-hal untuknya yang tidak dapat dia lakukan sendiri.

  • Waktu berkualitas (Quality time) menjadi penting seiring bertambahnya usia anak. Di sinilah, membacakan cerita, sambil duduk di pangkuan Anda, menjadi bermakna dan akan teringat sepanjang hidup anak Anda.

Memainkan permainan yang sesuai dengan usianya juga dapat menunjukkan bahwa Anda mencintainya. Anak itu mendapatkan perhatian penuh Anda, dan tidak ada yang lebih penting baginya.

  • Pemberian kado atau hadiah (Gift giving) adalah konsep yang mulai dipahami sebagian besar anak pada usia 4 tahun. Membungkus kado akan semakin seru bagi si kecil.

Ini secara tidak langsung akan memberikan kesempatan untuk mengajari anak Anda mengungkapkan rasa terima kasih setelah mereka menerima hadiah.

  • Kata-kata pujian (Words of affirmation) juga dapat menyemangati dan menginspirasi anak kecil. Memuji usahanya dalam belajar berjalan memberinya motivasi untuk bangkit dan mencoba lagi ketika gagal adalah hal yang seharusnya Anda lakukan.

Saat anak Anda mulai mencoba membaca untuk pertama kalinya, dorongan dan dukungan Anda akan memberinya kepercayaan diri untuk terus belajar hingga mereka bisa.

Saat Anda telah melakukan kelima bahasa cinta itu kepada anak Anda, amatilah bagaimana dia merasa nyaman berhubungan dengan Anda dari kelima cara itu. Dari reaksinya, Anda bisa mulai memperhatikan bahasa cinta utamanya sekitar usia 4 tahun.

Jika putra Anda yang berusia 4 tahun mulai berlari ke pintu dan menyambut Anda begitu Anda pulang. Atau jika Anda duduk, dia segera bergegas ke pangkuan Anda, dapat dipastikan bahwa bahasa cintanya adalah sentuhan fisik.

Berbeda halnya jika putra Anda berkata, “Masuklah ke kamarku, Ayah. Saya ingin menunjukkan sesuatu kepada Anda.” Maka, waktu berkualitas adalah bahasa cinta utamanya.

Tujuan untuk mengetahui bahasa cinta anak ini sangat penting karena dapat memberikan anak Anda dosis besar bahasa cinta utamanya sambil terus memberikan ke empat bahasa cinta lainnya. Hal ini mengajarkan anak bagaimana menerima dan memberi cinta dalam lima bahasa.
***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #agar #sang #buah #hati #terus #merasa #dicintai #lakukan #tahun #pertama #kelahirannya

KOMENTAR