Sederet Menteri Jokowi Ini Absen dari Bukber Kabinet, Ada Apa?
Presiden Jokowi gelar bukber dengan Wapres Maruf Amin dan jajaran menteri di Istana Negara. (Suara.com/Novian)
19:48
29 Maret 2024

Sederet Menteri Jokowi Ini Absen dari Bukber Kabinet, Ada Apa?

Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi mengundang jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk menikmati buka bersama alias Bukber Kabinet di Istana Negara pada Kamis (28/3/2024). 

Sejumlah menteri Jokowi tampak hadir dan bercengkerama dengan sang presiden. 

Sayangnya, sejumlah menteri lainnya absen dari kegiatan meriah tersebut. Uniknya, menteri-menteri yang absen berasal dari partai-partai besar seperti PDI Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai NasDem.

Akhirnya, publik berandai-andai akan alasan mengapa para menteri tersebut tak menghadiri momen keakraban tersebut.

Lantas, siapa saja menteri Jokowi yang tak hadir dalam Bukber Kabinet, apa yang menjadi alasan mereka tak datang?

Beberapa menteri dari PDIP tak hadir, Menpan RB minta tidak dipolitisir

Beberapa dari menteri yang tak hadir adalah menteri dari PDI Perjuangan yakni Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Publik sontak berandai-andai jika ada alasan khusus kedua menteri tersebut absen berkaca dari hubungan Jokowi dengan PDIP yang sedang tak baik-baik saja.

Menjawab asumsi liar tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas yang juga dari PDIP menegaskan bahwa Yasonna dan Risma tak hadir lantaran ada acara lain yang urgen.

"Mungkin ada acara lain beliau," kata Anas kepada wartawan, dikutip pada Jumat (29/3/2024).

Anas juga meminta agar absennya Yasonna dan Risma tak disangkutpautkan dengan isu politik.

"Mungkin ada kegiatan lain. Nggak (terkait politik), nggak ada," ujar Anas tegas.

Anas sontak juga menegaskan bahwa dirinya dan Sekretaris Kabinet (Kabinet) Pramono Anung yang juga merupakan menteri dari PDIP turut hadir dan bercengkerama dengan Jokowi.

Adapun beberapa menteri yang tak hadir adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Menteri  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sosok Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang dekat dengan Jokowi juga tak hadir dalam Bukber Kabinet.

Daftar menteri yang hadir: Prabowo tampak datang awal

Lalu di sisi lain, menteri-menteri yang tampak mengikuti acara tersebut tak lain adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkfili Hasan.

Ada juga sosok  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang tampak datang awal dan ikut menyambut rekan-rekan menteri yang lain.

Selain itu, ada Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri PAN RB Azwar Anas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi Teten Masduki.

Kontributor : Immawan Zulkarnain

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sederet #menteri #jokowi #absen #dari #bukber #kabinet

KOMENTAR