Ini Daftar Kegiatan Ibadah Tri Hari Suci Paskah: Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah
Ilustrasi Penyaliban Yesus - Perbedaan Paskah dan Kenaikan Isa Almasih (Unsplash)
13:14
29 Maret 2024

Ini Daftar Kegiatan Ibadah Tri Hari Suci Paskah: Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah

Menyambut Hari Paskah yang jatuh pada 31 Maret 2024, umat katolik akan melakukan ibadah Tri Hari Suci Paskah yakni Kamis Putih Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah. Apa saja ya kegiatannya?

Pemerintah sendiri sudah memberikan keleluasaan umat katolik beribadah sesuai dengan Ketetapan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, Paskah akan menjadi salah satu libur nasional.

Paskah tahun 2024 akan jatuh pada Minggu, 31 Maret 2024. Bahkan pada 29 Maret 2024 juga sudah ditetapkan sebagai libur nasional sebagai Hari Jumat Agung.

Melansir situs resmi Keuskupan Agung Jakarta, Jumat (29/3/2024) menyebutkan jadwal ibadah Tri Hari Suci 2024, Kamis Putih jatuh pada 28 Maret, Jumat Agung atu wafatnya Yesus Kristus pada 29 Maret, Vigli Paskah atau Sabtu Suci pada 30 Maret, lalu Minggu Paskah yang juga merupakan Hari Paskah jatuh pada 31 Maret. Berikut ini rincian ibadah Hari Tri Suci 2024, dirangkum suara:

1. Kamis Putih

Hari ini adalah peringatan hari perjamuan terakhir Yesus dengan para muridnya. Pesan utamanya adalah tentang cinta dan pelayanan, seperti yang ditunjukkan saat Yesus mencuci kaki para muridnya sebagai contoh pelayanan yang rendah hati.

Saat Kamis Putih umumnya seluruh umat Katolik akan mengikuti misa dengan dekorasi serba putih sekaligus salib yang diselubungi kain putih.

2. Jumat Agung

Peristiwa ini dibuat sebagai pengingat  akan penderitaan, kematian, dan penebusan Yesus. Umat Katolik biasanya berpuasa dan bertobat menjelang Jumat Agung sebagai bentuk persiapan spiritual.

Tidak hanya itu umat Kristiani juga akan menghadiri kebaktian dan mendengarkan n khutbah, memanjatkan doa, dan menyanyikan lagu pujian untuk mengenang perjuangan Yesus.

3. Sabtu Suci

Ini adalah hari yang digunakan untuk mengenang Yesus yang beristirahat di dalam kubur, menandakan bahwa penebusan dosa umat manusia sudah selesai.

Tradisi seperti menyalakan lilin dan api serta membunyikan lonceng dilakukan untuk merayakan kemenangan kehidupan atas kematian.

4. Minggu Paskah

Hari Paskah atau Minggu Paskah yaitu hari peringatan kematian Yesus Kristus sang Juru Selamat ke surga. Paskah menjadi hari kemenangan Yesus Kristus dari kematian. Dia mengorbankan dirinya untuk menebus kesalahan dan dosa umat manusia.

Paskah juga merupakan hari kebangkitan Yesus Kristus. Paskah dirayakan tiga hari setelah peristiwa penyaliban dan kematian Yesus di kayu salib yang dikenal dengan Jumat Agung.

Pada hari ini umat Kristiani akan merefleksi diri. Tapi bukan berarti hanya tentang ibadah dan religius, karena sebagian besar umat Kristiani akan makan siang bersama keluarga besar, serta mewarnai atau mencari telur paskah.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #daftar #kegiatan #ibadah #hari #suci #paskah #kamis #putih #jumat #agung #sabtu #suci #minggu #paskah

KOMENTAR