Mama Wajib Baca, Pentingnya Mengenal dan Konsep Mindful Parenting : Pola Asuh Anak Kekinian
Ilustrasi keluarga yang harmonis yang dihasilkan dari penerapan mindful parenting (freepik/tim kita)
05:04
29 Maret 2024

Mama Wajib Baca, Pentingnya Mengenal dan Konsep Mindful Parenting : Pola Asuh Anak Kekinian

– Konsep mindful parenting berasal dari kata dasar mindful atau mindfulness yang artinya kesadaran penuh dan fokus untuk melakukan suatu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal dan konsep mindful parenting ini juga didasarkan atas menerima segala kondisi mulai dari perasaan dan pikiran yang dialami tanpa menghakimi baik menghakimi diri sendiri maupun orang lain.

Dari pemaparan diatas, mengenal dan konsep mindful parenting diartikan sebagai praktik pola asuh yang mana orang tua sadar hadir dalam setiap interaksi sehari-hari dengan anak dengan melakukan tindakan tertentu.

Adapun tujuan dari mengenal konsep mindful parenting ini adalah agar orang tua mampu menanggapi segala tindakan anak dengan penuh pertimbangan dari berbagai sisi sehingga tidak hanya bereaksi seperti marah atau membentak hingga menyalahkan anak saja.

Dilansir dari laman Apple Tree, terdapat beberapa prinsip mindful parenting yang perlu diketahui diantaranya :

1. Mendengarkan penuh perhatian

Dalam konsep mindful parenting menggunakan prinsip mendengarkan penuh perhatian. Orang tua perlu mendengarkan dulu apa yang diceritakan oleh anak tanpa langsung berpikir yang aneh-aneh.

Dengarkan dulu sampai anak selesai bercerita. Setelah selesai baru orang tua memberikan pendapatnya yang sifatnya membangun. Dengan begitu, anak merasa sangat dihargai dan didengarkan pendapat serta keluh kesahnya.

2. Tidak menghakimi anak

Prinsip kedua dalam menerapkan mindful parenting adalah tidak menghakimi anak. Biasanya hal ini terjadi saat melakukan kesalahan baik sekali atau lebih.

Sebagai orang tua tak seharusnya langsung menghakimi ana katas kesalahan yang dilakukan. Sekalipun salah dan membuat emosi namun orang tua perlu mengendalikan rasa itu misalnya dengan duduk sebentar atur pernapasan atau minum air sejenak.

Daripada langsung menghakimi lebih baik diajak komunikasi dan ditanya kenapa melakukan itu dan lain sebagainya. Dengan ini anak menjadi berpikir dan tidak langsung merasa direndahkan.

3. Memiliki kesadaran penuh dalam mengendalikan emosi

Prinsip lain dalam mindful parenting adalah memiliki kesadaran penuh dalam mengendalikan emosi.

Dalam menghadapi tindakan balita hingga anak anak sering menguras emosi namun tetap sebagai orang tua perlu mengendalikan hal ini.

Tidak perlu langsung marah atau membentak karena ini menguras energi dan pikiran. Lebih baik tenangkan diri dulu sejenak baru mikir ambil tindakan yang bijak bagaimana.

4. Bersikap adil dan bijaksana

Prinsip ini berlaku jika memiliki anak lebih dari satu. Orang tua yang ingin menerapkan mindful parenting perlu bersikap adil dan bijaksana.

Artinya ketika kakak adik sedang berebut mainan, orang tua tidak boleh memberlakukan kakak harus selalu mengalah sama adiknya begitu sebaliknya. Semua dilihat dulu dari segi masalah dan kondisinya.

5. Menerima kekurangan anak

Setiap anak itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga tak pantas jika orang tua hanya menerima kelebihan tapi tidak dengan kekurangannya.

Mindful parenting didasarkan dengan orang tua yang mampu menerima kekurangan anak. Dengan hal ini anak menjadi lebih percaya diri dan tidak insecure dengan teman-teman lainnya.

6. Menciptakan rasa aman

Prinsip terakhir dalam menerapkan parenting ini adalah menciptakan rasa aman pada anak-anak sehingga bisa belajar dengan baik dan nyaman.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mama #wajib #baca #pentingnya #mengenal #konsep #mindful #parenting #pola #asuh #anak #kekinian

KOMENTAR