Bukan Sembarangan, Kucing Hutan yang Ditelantarkan Okin Tergolong Hewan Terancam Punah!
Okin dan dua fennec fox miliknya (Instagram/okintph)
11:49
27 Maret 2024

Bukan Sembarangan, Kucing Hutan yang Ditelantarkan Okin Tergolong Hewan Terancam Punah!

Heboh Okin menelantarkan sejumlah peliharaan anak bulu atau anabulnya, termasuk wild cats alias kucing hutan Caracal dalam keadaan kelaparan dan kurus kering. Mantan suami Rachel Vennya itu beralasan ia tidak lagi tinggal di rumah tempat para hewan tersebut berada.

Potret Caracal dalam keadaan kelaparan dan kurus kering ini dibagikan akun twitter @wrenchingband, dilihat suara.com, Rabu (27/3/2024). Tampak hewan dengan ciri khas kuping runcing yang menyerupai tanduk itu terlihat terbaring lemah mengenaskan.

Bahkan kucing berwarna coklat itu hanya tertidur dengan beralaskan kardus. Meski masih bisa mengangkat kepala, namun sangat terlihat kucing tersebut dalam keadaan tatapan matanya yang kosong.

"Penasaran terus ikut subscribe dan ternyata ini tuh ditelantarin gara-gara Okin nggak tinggal di situ lagi? Jadi rumahnya diambil alih Rachel dan dia menemukan semua anabul itu ditelantarin," tulis @wrenchingband.

Di sisi lain, Rachel dalam Instagram story-nya juga memberikan penjelasan, bahwa ia baru saja mengambil alih rumah tersebut dan tidak menyangka jika kandang dan hewan peliharaan mantan suaminya dalam kondisi terlantar. Apalagi ia tidak diberitahu tentang keberadaan hewan peliharaan termasuk kucing hutan Caracal tersebut.

"Ini rumah baru saja aku ambil alih karena satu dan lain hal. Jadi akupun baru tahu kalau kondisi kandang dan hewan-hewannya kayak gitu karena belum dibawa hewan-hewannya sama dia. Pas aku ngecheck situasinya ya kayak gitu," jelas Rachel.

Rachel yang melihat kondisi para anabul tersebut, akhirnya pilih langsung membawa hewan tersebut ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan kondisi tubuhnya. Apalagi hasil pengecekan dokter kata Rachel, hewan tersebut khususnya kucing hutan yang diberi nama Nala, organ pencernaan dalam keadaan kosong.

"Bisa tenangkah hidup tahu kayak gini? Kalau udah kayak gini, teman-teman eksklusif saksinya ya. Aku mau bawa anabul-anabul ini dan perbaiki gizinya sama ahlinya. Kalau sampai diminta balik sih nggak waras," ungkap Rachel lagi.

Kucing hutan Caracal, terancam punah di Asia

Melansir Felide Conservation Fund, spesies caracal dibedakan berdasarkan kemampuan menangkap burung dengan melompat setinggi 2 meter ke udara dari posisi diam.

Kucing hutan ini memiliki kisaran ukuran 8 hingga 20 kilogram bertubuh ramping dan berkaki panjang. Hewan ini memiliki sebutan ilmiah Caracal carakal. Ia mampu hidup 19 tahun di alam liar khususnya hutan sebagai habitatnya.

Least Concern (LC) memasukan kucing hutan caracal ke dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Bahkan spesies ini dilindungi oleh konvensi spesies perdagangan internasional terancam punah alias International Trade in Endangered Species (CITES).

Di habitatnya, caracal juga terancam populasinya karena perburuan manusia dan hilangnya habitat hutan sebagai tempat tinggal. Bahkan di wilayah Asia hewan ini diklasifikasikan sebagai hewan terancam punah, namun diburu sebagai hewan bermasalah di Afrika Selatan.

Hewan berburu di malam hari dengan menangkap burung segala ukuran bahkan termasuk elang dan burung unta. Caracal juga memangsa mamalia dengan berat kurang dari 5 kilogram seperti kelinci, hyrax dan hewan pengerat kecil.

Bahkan caracal di habitatnya juga secara teratur membunuh mangsanya yang berukuran 2 hingga 3 kali lipat dari postur tubuhnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bukan #sembarangan #kucing #hutan #yang #ditelantarkan #okin #tergolong #hewan #terancam #punah

KOMENTAR