Bukan Cuma Baju Baru, Anak-anak Juga Butuh Liburan untuk Rayakan Momen Bulan Ramadan
Ilustrasi liburan keluarga. (Shutterstock)
00:02
27 Maret 2024

Bukan Cuma Baju Baru, Anak-anak Juga Butuh Liburan untuk Rayakan Momen Bulan Ramadan

Berbagi keberkahan di bulan Ramadan tidak saja hanya bisa dilakukan dengan membeli baju baru. Bagi sebagian anak-anak dari keluarga kurang mampu, keinginan untuk jalan-jalan dan liburan bisa jadi lebih besar daripada makanan dan baju baru.

Hal ini diungkap langsung oleh Hestiana Kiftia, Pimpinan Sekolah Bingkai Jalanan, yang mengatakan sebagian besar murid-murid di sekolahnya langsung membantu orang tua sepulang sekolah. Sehingga, sedikit dari mereka yang memiliki waktu untuk bermain dan jalan-jalan.

“Anak-anak di Sekolah Bingkai Jalanan ini kesehariannya ada yang ngamen, ngarak ondel-ondel, jadi badut jalanan, ngumpulin barang bekas, macem-macem. Sepulang sekolah mereka harus bantu orang tuanya, kebayang kan mereka ga punya hiburan apa-apa. Ketika ditanya resolusi tahun ini ingin ngapain, mereka juga cita-citanya sederhana, seperti ingin makan steak, ingin main ke Ancol, bahkan sesederhana ingin jalan-jalan ke mall. Bagi kebanyakan orang mungkin itu hal yang biasa, tapi bagi mereka itu sudah luar biasa mewah," ujarnya dalam keterangan yang diterima .

Warga saat berwisata di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Kamis (28/12/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]Ilustrasi anak-anak dan keluarga liburan di Pantai Ancol. [Suara.com/Alfian Winanto]

Melansir laman American Psychological Association, ada beberapa dampak bagi anak-anak yang tidak pernah liburan terhadap tumbuh kembangnya, baik secara fisik, mental, maupun sosial. Pertama, kurangnya waktu istirahat dan relaksasi dapat menyebabkan kelelahan dan stres pada anak-anak. Liburan memberikan kesempatan bagi mereka untuk beristirahat dari rutinitas sekolah dan kegiatan lainnya, dan untuk mengisi ulang energi mereka.

Tak hanya itu, liburan dapat membantu anak-anak untuk belajar tentang budaya baru, bertemu orang baru, dan mencoba hal baru. Pengalaman ini dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan belajar dan beradaptasi yang penting untuk kesuksesan mereka di masa depan. Terakhir, anak yang tidak pernah liburan mungkin merasa terisolasi dan kesepian, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental mereka.

Inilah yang menjadi alasan SoKlin Softergent kembali menyelenggarakan kegiatan "Berbagi Kelembutan" dalam bulan Ramadan ini di Jakarta, Malang, dan Yogyakarta. Salah satu sukarelawan untuk kegiatan ini, Yunita Rusmiyati, mengatakan senang sekali bisa berkumpul dan bermain bersama anak-anak dari Sekolah Bingkai Jalanan. Ia menyadari kebanyakan dari anak-anak ini belum pernah jalan-jalan karena kesehariannya sepulang sekolah langsung bekerja bantu orang tua.

Hal senada juga diungkapkan oleh Natasha Syeikinah Marsauli. Awalnya ia mengira anak-anak ini susah menerima orang baru, susah diajak ngobrol dan kerja sama.

"Tapi ternyata anak-anak ini hampir semuanya aktif, pintar-pintar, mau bersosialisasi, dan seru-seruan bareng. Saya berharap kedepannya mereka bisa lebih percaya diri lagi, lebih semangat belajar, sehingga ‘aktifnya’ mereka ini bisa tersalurkan ke hal-hal yang positif,” ujarnya.

Pada kegiatan SoKlin Softergent Berbagi Kelembutan yang digelar bersamaan di SeaWorld Jakarta bersama Sekolah Bingkai Jalanan dan Kids Fun Yogyakarta bersama Sekolah Gajah Wong, SoKlin Softergent juga mendonasikan kebutuhan pendidikan bagi anak-anak secara langsung. Donasi tersebut terdiri dari perlengkapan sekolah, kaos, dan alat tulis. Selain itu, SoKlin Softergent juga menyerahkan bantuan produk kebersihan Ramadan kepada kelompok dan komunitas yang berpartisipasi, termasuk untuk anak-anak di Rumah Belajar Pelangi Nusantara dan Komunitas Pejuang Mimpi di Malang.

"Seluruh kegiatan SoKlin Softergent Berbagi Kelembutan kami buat sejalan dengan filosofi perusahaan ‘The Good Things in Life should be Accessible for All’, di mana WINGS Group melalui SoKlin Softergent terus berkomitmen menyediakan segala bentuk kebaikan bagi seluruh masyarakat," tutur Rana Gita Widawati selaku Brand Representative SoKlin Softergent.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bukan #cuma #baju #baru #anak #anak #juga #butuh #liburan #untuk #rayakan #momen #bulan #ramadan

KOMENTAR