Kronologi Kate Middleton Menghilang sampai Didiagnosis Kanker, Rumor Liar Terbantahkan
Kate Middleton Umumkan Dirinya Didiagnosis Menderita Kanker (X/KensingtonRoyal)
10:26
24 Maret 2024

Kronologi Kate Middleton Menghilang sampai Didiagnosis Kanker, Rumor Liar Terbantahkan

Putri Wales, Kate Middleton menjadi topik perbincangan hangat sejak beberapa waktu lalu. Tepatnya setelah ia tak muncul ke hadapan publik untuk waktu yang bisa dibilang cukup lama.

Pihak istana mengumumkan Kate sakit dan baru saja menjalani operasi perut. Namun, segelintir rumor seperti ia diselingkuhi muncul ke permukaan. Tak lama, Putri Wales membuat pernyataan.

Ia mengatakan bahwa dirinya mengidap kanker dan berharap publik bisa mengerti kondisinya. Adapun berikut kronologi lengkap Kate Middleton sakit hingga didiagnosa kanker oleh dokter.

Operasi Perut

Kate Middleton diketahui menjalani operasi perut pada 16 Januari 2024 lalu. Sementara itu, Istana Kensington pertama kali mengumumkan hal ini di keesokan harinya, yakni pada 17 Januari.

Putri Wales disebut-sebut telah menjalani operasi perut yang direncanakan sejak lama. Ia pun disampaikan tidak akan bertugas di kerajaan sampai setelah Paskah.

Istana mengulangi pernyataan itu beberapa minggu lalu saat juru bicara kerajaan memberikan pengumuman. Mereka kemudian akan menyampaikan kabar lagi apabila ada yang penting.

"Kami sudah sangat jelas sejak awal bahwa Putri Wales akan absen sampai setelah Paskah dan Istana Kensington hanya akan memberikan kabar terbaru jika ada yang penting," tulis mereka.

Teori Diselingkuhi

Kate yang tak kunjung muncul di hadapan publik menimbulkan berbagai spekulasi liar. Salah satunya, teori ia diselingkuhi oleh suaminya, Pangeran William dengan Lady Rose Hanbury.

Mengetahui hal itu, Lady Rose Hanbury pun angkat bicara. Ia kepada Business Insider, membantah rumor terkait dirinya yang disebut-sebut berselingkuh dengan Pangeran William. 

Wanita yang menikah dengan David Cholmondeley pada 2009 itu menegaskan tuduhan perselingkuhan tersebut, sepenuhnya salah. Hal ini disampaikan melalui kuasa hukumnya.

Adapun rumor itu muncul pada tahun 2019, Lady Rose Hanbury dan Pangeran William disebut berhubungan intim. Hal ini semakin memanas usai Kate menghilang dalam waktu lama.

Rumor itu juga ramai dibahas di acara televisi Amerika, The Late Show with Stephen Colbert. Di mana pemandu acara dan komedian, Stephen Colbert mengutip berita perselingkuhan itu.

Mengidap Kanker

Baru-baru ini, Kate Middleton membagikan pesan video secara pribadi. Dalam klip itu, ia mengatakan bahwa dirinya mengidap kanker dan saat ini sedang menjalani pengobatan.

Ditulis laman People, Jumat (22/3/2024) pada saat itu, masalah Kate bukan kanker. Namun, setelah operasi, baru ditemukan kanker yang bersarang di tubuhnya dan jenisnya belum diketahui.

"Pada bulan Januari, saya menjalani operasi perut besar di London, dan pada saat itu, kondisi saya memang dianggap bukan kanker,” ungkap Kate.

"Operasinya berhasil. Namun, setelah operasi menunjukkan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis saya menyarankan agar saya menjalani kemoterapi pencegahan, dan saya sekarang berada pada tahap awal pengobatan tersebut," lanjutnya.

Saat diagnosis memiliki kanker, hal ini membuat keluarga kecilnya terkejut. Ia juga mengatakan membutuhkan waktu untuk menjelaskan penyakitnya ini kepada ketiga anaknya George, Charlotte, dan Louis. 

"Seperti yang telah saya katakan kepada mereka, saya baik-baik saja dan semakin kuat setiap hari dengan berfokus pada hal-hal yang membantu saya sembuh dalam pikiran, tubuh, dan jiwa saya," ujar Kate.

Lebih lanjut, Kate juga menyebut sangat beruntung memiliki Pangeran William di sisinya. Ia pun berharap publik mengerti bahwa dirinya beserta keluarga sedang memerlukan waktu untuk sendiri.

Adapun seorang juru bicara istana mengatakan Kate memulai program kemoterapi preventif pada akhir Februari. Ia akan kembali bertugas jika sudah menerima izin dari tim medisnya.

Kate sendiri menghabiskan 13 hari di The London Clinic setelah operasi perut, lalu kembali ke Adelaide Cottage di Windsor. Hal tersebut dilakukan untuk melanjutkan pemulihan kesehatannya.

Sementara itu, Pangeran William diperkirakan akan menghabiskan waktu bersama keluarganya selama liburan Paskah anak-anaknya. Ini dilakukan sebelum ia kembali ke acara kerajaan.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kronologi #kate #middleton #menghilang #sampai #didiagnosis #kanker #rumor #liar #terbantahkan

KOMENTAR