Beda Nasib Kris Dayanti dan Nafa Urbach di Senayan, Pertama Gagal vs Perdana Lolos
Nafa Urbach dan Kris Dayanti.
19:43
23 Maret 2024

Beda Nasib Kris Dayanti dan Nafa Urbach di Senayan, Pertama Gagal vs Perdana Lolos

Kabar terbaru datang dari para artis yang mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI. Sejumlah nama berhasil lolos sementara yang lain gagal ke Senayan.

Melansir dari akun Instagram @lambu_danu pada Kamis (21/3/2024), nama Kris Dayanti masuk ke dalam daftar yang gagal lolos ke Senayan. Hasil ini seolah menghentikan langkah politik Kris Dayanti untuk sementara.

Namun, nasib berbeda justru terjadi pada artis lain yakni Nafa Urbach yang lolos ke Senayan padahal baru pertama kali mencalonkan diri sebagai anggota DPR.

Lantas, seperti  apakah beda nasib Kris Dayanti dan Nafa Urbach di Senayan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Nasib Kris Dayanti, Pertama Kali Gagal Lolos Ke Senayan

Kris Dayanti diketahui gagal mengamankan statusnya sebagai petahana anggota DPR RI. Sebelumnya ia menjabat sebagai anggota Komisi IX DPR RI periode 2019-2024. Hal tersebut terjadi setelah Krisdayanti tidak lolos ke Senayan dalam pemilu legislatif yang dilaksanakan pada tahun 2024.

Krisdayanti diketahui maju dari PDI-P dapil Jawa Timur V yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Baru. Dapil ini juga merupakan dapil yang sebelumnya mengantarkan Kris Dayanti menjadi anggota DPR di Pemilu 2019.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara oleh KPU, Kris Dayanti berhasil meraih 70.111 suara dalam pemilu legislatif 2024. Perolehan suara tersebut bisa dibilang tinggi mengingat sejumlah caleg artis lainnya dengan perolehan suara yang sama berhasil lolos.

Namun, berdasar pada metode sainte lague dan proporsional suara, PDI Perjuangan hanya berhasil mendapatkan jatah dua kursi saja dari dapil Jawa Timur V. Sayangnya, dalam perolehan total suara tersebut, Kris Dayanti menempati urutan ketiga, ia kalah suara dari Ahmad Basarah yang berhasil mendapatkan 89.769 dan Andreas Eddy Susetyo yang mendapatkan 81.020 suara.

Hal tersebutlah yang menjadikan Krisdayanti gagal mengamankan kembali kursi DPR RI.

Nasib Nafa Urbach, Pertama Kali Lolos Ke Senayan

Artis peran Nafa Urbach menjadi salah satu caleg artis yang turut memeriahkan pemilu 2024. Nafa Urbach diketahui menjadi caleg DPR RI dapil Jawa Tengah VI yang meliputi Kabupaten Magelang, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, dan juga Magelang.

Nafa Urbach yang maju dari Partai Nasdem berpeluang besar lolos ke senayan setelah berhasil meraih suara yang signifikan. Berdasarkan pada data hasil rekapitulasi nasional KPU RI, Nafa Urbach berhasil meraih suara sebanyak 67.652 suara.

Perolehan suara tersebut mengantarkan Nafa Urbach sebagai caleg DPR RI terpilih yang mewakili dapil Jawa Tengah. Perolehan suara Nafa Urbach ini berhasil mengantarkannya jadi caleg tertinggi di dapil Jawa Tengah VI.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #beda #nasib #kris #dayanti #nafa #urbach #senayan #pertama #gagal #perdana #lolos

KOMENTAR