Tes Kepribadian Big Five Disebut Lebih Akurat dari MBTI, Simak Penjelasannya
MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah alat psikologi yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengklasifikasikan kepribadian seseorang. (Freepik)
10:48
23 Maret 2024

Tes Kepribadian Big Five Disebut Lebih Akurat dari MBTI, Simak Penjelasannya

 Myers–Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan salah satu tes kepribadian paling populer. Namun, seorang profesor Psikologi di Ouachita Baptist University, Jennifer V. Fayard, menyebut bahwa tes MBTI tidak sepenuhnya akurat dalam menggambarkan kepribadian seseorang.   Jennifer mengatakan bahwa ada satu jenis tes kepribadian yang lebih akurat dari MBTI, namanya adalah Big Five. Sesuai namanya, tes ini mengukur lima besar sifat-sifat kepribadian dalam diri seorang. Kelima besar sifat yang diukur itu adalah Ekstraversi, Kesetujuan, Kehati-hatian, Neurotisisme, dan Keterbukaan Terhadap Pengalaman.  

  Bukan hanya itu, kelima besar sifat yang diukur tadi juga punya turunannya masing-masing, sehingga tes Big Five ini mampu mengukur kepribadian seseorang hingga ke aspek-aspek kecil.   Ketika kamu memperoleh hasil tes Big Five, pada bagian Ekstraversi misalnya, kamu tidak hanya mendapatkan berapa nilai Ekstraversimu, tetapi juga nilai  keramahan, kebersamaan, ketegasan, tingkat aktivitas, pencarian kebahagiaan, dan kebahagiaan. Hal ini juga berlaku pada sifat-sifatnya lainnya yang sama-sama memiliki turunannya masing-masing.   Untuk mengenal lebih jauh seperti apa tes kepribadian Big Five, simak penjelasannya berikut ini:  

  Extraversi Kalian mungkin familiar dengan istilah Extrovert dan Introvert yang juga menjadi salah satu indikator dalam tes MBTI. Seperti yang sudah disebutkan di atas, dalam tes Big Five, yang menjadi turunan dari Ekstraversi meliputi keramahan, kebersamaan, ketegasan, tingkat aktivitas, pencarian kebahagiaan, dan kebahagiaan.   Kesetujuan Kesetujuan mengukur bagaimana seseorang dalam hal kerja sama dan harmoni sosial. Individu dengan nilai Kesetujuan yang tinggi cenderung menghargai bergaul dengan orang lain.    Adapun yang menjadi turunan dari Kesetujuan adalah kepercayaan, moralitas, altruisme, kooperatif, kesopanan, dan simpati.   Kehati-hatian Kehati-hatian mengukur cara seseorang mengendalikan, mengatur, dan mengarahkan impuls. Turunan dari sifat ini yaitu efikasi diri, keteraturan, ketaatan, perjuangan akan prestasi, disiplin, dan keawasan.   Neurotisisme Neurotisisme mengacu pada kecenderungan seseorang untuk merasakan perasaan negatif. Turunan dari sifat ini yaitu, kegelisahan, kemarahan, depresi, kesadaran diri, ketidaktahanan, dan kerentanan.   Keterbukaan Terhadap Pengalaman Keterbukaan Terhadap Pengalaman menggambarkan dimensi gaya kognitif seseorang. Jika nilaimu tinggi pada sifat ini, maka kamu adalah orang yang imajinatif dan kreatif. Jika sebaliknya, maka kamu adalah orang yang sederhana dan konvensional.   Adapun turunan dari sifat ini adalah imajinasi, minat artistik, emosionalitas, petualangan, intelektual, dan liberalisme.  

  Lalu, mengapa tes Big Five lebih akurat?   Seperti sudah disebutkan di atas, ketika kamu menyelesaikan tes Big Five maka kamu tidak hanya mengetahui seberapa tinggi dan rendahnya nilaimu dalam lima sifat besar, tetapi juga mengetahui nilai-nilai turunannya. Kamu juga akan mendapatkan penjelasan di balik nilaimu.   Hal itulah yang membuat mengapa tes Big Five lebih akurat dari MBTI, yakni karena tes ini mengukur lebih banyak aspek dalam diri seseorang. Banyaknya aspek yang diukur membuat Big Five lebih bisa menggambarkan bagaimana kepribadian seseorang.   Dalam tes Big Five, jika kamu mendapatkan nilai yang tinggi pada salah satu atau kelima sifat besar, belum tentu kamu juga mendapatkan nilai yang tinggi pada sifat-sifat turunannya.   Misalnya jika kamu mendapat nilai Ekstraversi yang tinggi, belum tentu nilai keramahanmu juga tinggi. Bisa jadi hanya rata-rata atau bahkan rendah. Hal ini juga mungkin terjadi pada sifat-sifat yang lainnya.  

  Kelima sifat besar dalam Big Five juga tidak saling mempengaruhi. Jika kamu mendapat nilai Ekstraversi yang tinggi, belum tentu kamu juga mendapatkan nilai Kesetujuan yang tinggi. Kamu sangat mungkin untuk mendapatkan nilai yang beragam.   Perlu diingat bahwa nilai yang rendah bukan berarti buruk. Jika kamu mendapatkan nilai Ekstraversi yang rendah itu menandakan bahwa jiwa dan energi sosialmu terbatas.    Begitu juga jika nilai Kehati-hatianmu rendah, itu bukan berarti kamu sembrono. Bisa jadi kamu adalah tipe orang yang spontan, yang seringnya bertindak dahulu baru berpikir.   Tidak ada yang salah dan tidak ada yang buruk. Tes ini justru membantu kamu untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap mengenai dirimu dan malah bisa membantumu untuk mengetahui bagian mana dari dirimu yang bisa dikembangkan lebih jauh.   Jika kamu penasaran, kamu bisa melakukan tes Big Five di bigfive-test.com/id secara gratis.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kepribadian #five #disebut #lebih #akurat #dari #mbti #simak #penjelasannya

KOMENTAR