Sering Merasa Lemas Saat Puasa? Makanan Ini Penting Dikonsumsi Ketika Sahur dan Buka
Makanan Tinggi Serat.
20:49
22 Maret 2024

Sering Merasa Lemas Saat Puasa? Makanan Ini Penting Dikonsumsi Ketika Sahur dan Buka

Tak sedikit orang yang merasa lemas ketika melaksanakan puasa. Siapa sangka hal itu bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumi saat sahur dan buka.

Seorang pakar gizi Universitas Jember mengatakan soal pentingnya memilih makanan yang seimbang dan bergizi saat berbuka dan sahur.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan jumlah dan jenis makanan agar tetap memenuhi kebutuhan gizi tubuh meskipun dalam kondisi berpuasa.

"Menjaga asupan gizi juga perlu dilakukan saat sahur atau berbuka di antaranya dengan mengonsumsi protein, sayuran, minum air yang cukup serta memilih jenis dan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka," kata Ninna Rohmawati.

Menurutnya, saat sahur utamakan karbohidrat kompleks seperti pisang atau jagung karena jenis ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral sehingga dapat menyediakan cadangan energi lebih lama.

"Ketika berbuka utamakan karbohidrat sederhana seperti kurma, gula, madu dan buah karena karbohidrat jenis ini lebih cepat dicerna oleh tubuh," katanya.

Selain itu, Ninna juga menjelaskan ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat berpuasa misalnya makanan berlemak seperti gorengan dan mentega.

Makanan dan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan mudah lapar dan sulit kenyang.

"Kemudian makanan yang terlalu pedas dan asam serta minuman yang berkafein dan bersoda secara berlebih karena dapat menyebabkan sulit tidur dan menimbun lemak dalam tubuh," tandasnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sering #merasa #lemas #saat #puasa #makanan #penting #dikonsumsi #ketika #sahur #buka

KOMENTAR