Adu Pendidikan Ahmad Dhani vs Mulan Jameela: Anak Hukum dan Sastra Lolos Jadi DPR
Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. (Instagram/mulanjameela1)
11:45
22 Maret 2024

Adu Pendidikan Ahmad Dhani vs Mulan Jameela: Anak Hukum dan Sastra Lolos Jadi DPR

Pasangan selebriti Ahmad Dhani dan Mulan Jameela sama-sama terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029. Dhani menang untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I dari Partai Gerindra dengan 134.227 suara.

Sementara sang istri yang juga maju nyaleg, Mulan Jameela berhasil mendulang 85.326 suara untuk dapil Jawa Barat XI. Pelantun lagu Wonderwomen itu juga mencalonkan diri dari Partai Gerindra.

Adapun sama-sama berhasil olos ke Senayan membuat keduanya ikut menerima sorotan. Tak terkecuali latar belakang pendidikan mereka yang apabila diadu, siapa yang lebih unggul?

Adu Pendidikan Ahmad Dhani vs Mulan Jameela

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. [Instagram]Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. [Instagram]

Ahmad Dhani pernah bersekolah di SMPN 6 Surabaya dan SMAN 2 Surabaya. Lalu, ia melanjutkan studinya ke Fakultas Hukum Universitas Pancasila pada 1992. Namun, karena ada disebut-sebut ada masalah, ia memilih keluar dan tak menyelesaikannya.

Adapun ia mulai terjun ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Gerindra pada 2017. Mendiang politikus, Nizar Zahro, mengatakan salah satu alasan bergabungnya Dhani karena dinilai dekat dengan Ketum Prabowo Subianto.

Sebelumnya, ia lebih dikenal sebagai anggota band Dewa 19 yang dibentuk sejak 1986. Seiring berjalannya waktu, grup ini sempat mengalami beberapa kali perubahan formasi. Di antaranya termasuk Ari Lasso dan Once Mekel.

Saat ini, Dewa 19 pun menggandeng dua solois lain, yakni Virzha dan Ello. Sementara itu, Ari Lasso terkadang juga masih naik ke atas panggung untuk tampil bersama band yang memiliki banyak lagu populer tersebut.

Di sisi lain, Mulan Jameela memulai pendidikannya di SDN Malangbong dan lulus pada tahun 1991. Lalu, ia melanjutkannya ke SMPN Malangbong sampai tahun 1994 dan SMAN 1 Malangbong hingga lulus pada 1997.

Mulan memakai ijazah SMA-nya itu untuk nyaleg pada tahun 2019. Namun, baru-baru ini, ia sudah melanjutkan pendidikannya hingga jenjang S1 pada tahun 2022, tepatnya Sastra Inggris di Universitas Kebangsaan.

Adapun dirinya mulai dikenal publik usai menjadi personel Ratu bersama Maia Estianty. Namun, karena ada masalah pada tahun 2008, Mulan tak aktif dari dunia hiburan dan memutuskan kembali 10 tahun setelahnya.

Ia kemudian terjun ke dunia politik di tahun 2019 dan terpilih menjadi anggota DPR RI. Kini, dirinya pun kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2024 dan berhasil meraih posisi kedua di partai dari dapil Jawa Barat XI. 

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela pun menjadi pasangan caleg artis yang sukses melenggang ke Senayan. Selain mereka, mantan teman satu band Dhani, yakni Once Mekel pun diprediksi berhasil mewakili PDIP di kursi DPR.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #ahmad #dhani #mulan #jameela #anak #hukum #sastra #lolos #jadi

KOMENTAR