13 Tanda yang Menunjukkan Anda Sedang Menyangkal Berada dalam Toxic Relationship, Apa Saja?
ILUSTRASI: Patah hati. (Pexels)
10:54
21 Maret 2024

13 Tanda yang Menunjukkan Anda Sedang Menyangkal Berada dalam Toxic Relationship, Apa Saja?

 

– Saat sedang jatuh cinta, sering kali seseorang terpesona oleh kelebihan dan pesona orang yang dicintainya. 

Alhasil, tak jarang mereka akan menutup mata pada kekurangan pasangan dan hal inilah yang sering disebut dengan istilah ‘Cinta itu Buta’.

Mengacu pada sikap tersebut, lensa mata yang seolah penuh dengan mawar menutup serta mengubah realitas seseorang yang sedang di mabuk cinta.

Hal itu bisa menjadi masalah ketika seseorang tidak bisa mengidentifikasi atau menyadari bahwa ada yang tidak beres pada pasangannya atau pun dalam hubungan mereka.

Walaupun seseorang mungkin mulai menyadari bahwa ada yang salah dalam hubungan yang dijalaninya, terkadang mereka masih bersikap bahwa semuanya berjalan normal.

Oleh sebab itu, melansir dari Your Tango, Kamis (21/3), berikut adalah 13 tanda jika seseorang atau mungkin Anda sendiri yang menyangkal atau denial bahwa sedang terjebak dalam Toxic Relationship.

1. Anda memberinya sejuta kesempatan

Bagi pria lain, Anda hanya akan memberinya dua atau tiga kesempatan. Namun, untuknya, dia mendapat banyak sekali kesempatan, karena Anda berpikir dia akan berubah, meskipun dia tidak pernah berubah.

2. Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bersikap berlebihan setiap Anda marah padanya

Seolah-olah Anda dikondisikan untuk percaya bahwa Anda lah yang gila setelah setiap pertengkaran atau perselisihan kecil.

3. Anda merasa hubungan Anda lebih unggul dan semua orang berada di orang (pasangan) yang salah

Dari cara Anda berbicara atau membual tentang pacar Anda hingga cara Anda menilai pacar teman Anda melakukan sesuatu yang berbeda dari yang dilakukan pacar Anda, selalu ada perasaan bahwa hubungan Anda yang lebih baik.

4. Anda membuat alasan untuknya

Anda selalu mempunyai penjelasan atau pembenaran atas perbuatannya yang kejam, menyakitkan, atau buruk.

5. Anda berpikir negatif tentang menjadi lajang karena merasa berada dalam situasi yang baik sekarang

Anda lebih memilih menjalin hubungan yang tidak sehat (walaupun Anda tidak tahu hubungan itu tidak sehat atau toxic) daripada sendirian atau lajang.

6. Sedikit kasih sayang darinya sangat berarti

Ciuman pipi di depan teman ibarat lamaran karena jarang terjadi. Ini adalah ekspektasi yang sangat rendah dan merupakan tanda sebuah peringatan besar bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

7. Saat teman atau keluarga Anda menyarankan untuk putus atau menunjukkan kekurangannya, hal itu mengakibatkan pertengkaran

Terkadang, orang-orang yang berada di luar situasi tersebut dihadapkan pada sisi yang mungkin tidak Anda lihat, dan Anda sedikit membenci mereka karena tidak mendengarkan Anda.

8. Anda tidak terlalu membicarakan masalah dalam hubungan Anda

Anda berharap masalah itu menghilang dan ingin menghindari konfrontasi sebisa mungkin.

9. Anda menerima dan memaafkan setiap permintaan maafnya

Bahkan jika dia melakukan sesuatu yang tidak terpikirkan atau keterlaluan untuk menyakiti Anda, Anda akan selalu menerima permintaan maaf atau alasannya yang tidak masuk akal.

10. Anda ingin ‘menyelamatkannya’

Anda mungkin berpikir bahwa dengan memberinya cukup cinta dan kasih sayang, dia akan berubah menjadi orang yang Anda inginkan. Sayangnya, dorongan dan semangat tidak akan membuatnya berubah.

11. Anda merasa kasihan padanya ketika dia 'menyerang' karena Anda mengaitkannya dengan masa lalunya

Tidak beda jauh dengan tanda nomor 4. Seperti dia yang menjalani masa kecil yang sulit, mantannya menyebabkannya mengalami banyak kerusakan emosional, atau pun dia yang belum pernah menjalin hubungan sebelumnya untuk mengetahuinya. Selalu saja ada alasan yang Anda buat untuk membenarkan perilaku buruknya.

12. Anda merasa tertekan untuk menurunkan emosi jika ingin mempertahankan dia

Anda takut kemarahan, kesedihan, atau perasaan Anda lainnya akan berlebihan bagi mereka dan akan membuat mereka takut, alih-alih menjalani hidup secara otentik.

13. Anda menganggap semua ini normal

Hubungan yang tanda-tanda berikut biasa terjadi bukanlah suatu hubungan yang sehat, seperti berbohong, mengintai atau memata-matai, dan selingkuh terus-menerus.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #yang #menunjukkan #anda #sedang #menyangkal #berada #dalam #toxic #relationship #saja

KOMENTAR