Jarang Diketahui, Ini Dia 12 Manfaat Mengejutkan Dari Chia Seed dan Cara Mengonsumsinya
ilustrasi chia seed. Sumber foto: Freepik
18:18
13 Januari 2024

Jarang Diketahui, Ini Dia 12 Manfaat Mengejutkan Dari Chia Seed dan Cara Mengonsumsinya

Chia seed menjadi salah satu jenis benih berasal dari tanaman Salvia hispanica dan tengah populer karena mengandung beragam sumber nutrisi yang menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Jumat (13/1), ahli gizi Deepti Lokeshappa berbicara mengenai manfaat chia seed yang mampu memberikan kesejahteraan tubuh seseorang, apa saja?

1. Dikemas dengan nutrisi penting

Chia seed dikemas dengan sumber serat, protein, asam lemak omega 3, kalsium, magnesium, dan antioksidan.

Mengkonsumsi chia seed secara rutin dapat meningkatkan asupan nutrisi secara keseluruhan dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

2. Mengandung sifat antioksidan

Chia seed mengandung antioksidan seperti quercetin, asam klorogenat, dan asam caffeic yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif.

“Antioksidan menetralisir radikal bebas dan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung dan kanker,” kata Lokeshappa.

3. Kaya akan sifat antiinflamasi

Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung dan radang sendi. Chia seed mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga membantu melawan peradangan pada tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam lemak omega 3 yang terdapat chia seed khususnya asam alfa-linolenat (ALA) berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Ini membantu mengurangi tekanan darah, peradangan, dan meningkatkan kadar kolesterol.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Chia seed kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang seperti kalsium, fosfor, dan magnesium di mana sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang serta mengurangi risiko kondisi osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada chia seed mendukung sistem pencernaan yang sehat.

Serat membantu melancarkan buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat.

7. Mendukung penurunan berat badan

“Chia seed adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Serat larut ini membantu pembentukan zat seperti gel di saluran pencernaan, melancarkan buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit. Selain itu, hal ini menimbulkan rasa kenyang, yang dapat mendukung upaya penurunan berat badan dengan membatasi asupan kalori berlebihan,” jelas Lokeshappa.

8. Mengatur gula darah

Serat larut dalam chia seed berperan dalam mengatur kadar gula darah. Serat, lemak, dan protein memecah karbohidrat.

Hasilnya, hal ini membatasi indeks glikemik makanan yang mengandung karbohidrat dan mencegah lonjakan serta penurunan kadar glukosa darah dengan cepat.

9. Meningkatkan kesehatan otak

Asam lemak omega 3 khususnya DHA (docosahexaenoic acid) sangat penting untuk kesehatan otak.

Meskipun chia seed mengandung ALA yang dapat diubah oleh tubuh menjadi DHA sampai batas tertentu, biji tersebut masih berkontribusi pada fungsi kognitif dan mendukung kesehatan otak secara keseluruhan.

10. Alternatif bebas gluten

Chia seed secara alami bebas gluten, menjadikannya alternatif yang sangat baik bagi individu dengan sensitivitas gluten atau mereka yang mengikuti diet bebas gluten.

11. Meningkatkan hasrat seksual

Chia seed sangat padat nutrisi karena mengandung asam lemak omega 3, asam lemak tak jenuh ganda, serat makanan, protein, vitamin, dan mineral yang tinggi.

Selain itu, meningkatkan hasrat seks karena asam lemaknya. Benih kecil ini membantu meningkatkan testosteron secara alami dan testosteron dikaitkan dengan dorongan seks dan energi.

12. Mengontrol rambut rontok

Chia seed merupakan sumber mineral, serat makanan, dan asam lemak omega 3 yang semuanya dapat memperlambat kerontokan rambut. Selain itu, zinc dan tembaga dalam chia seed membantu mencegah infeksi kulit kepala dan penipisan rambut.

Lantas, bagaimana cara mengkonsumsi chia seed yang baik?

Pudding: Campurkan biji tersebut dengan susu favorit, tambahkan pemanis seperti madu atau sirup maple dan diamkan di lemari es semalaman.

Smoothie: Tingkatkan nilai gizi smoothie dengan menaburkan satu atau dua sendok makan chia seed karena menambahkan tekstur kerenyahan serta memberikan dosis ekstrak serat dan protein.

Topping yogurt: Taburkan chia seed di atas yogurt untuk sarapan atau camilan.

Tambahkan salad: Taburkan chia seed pada salad atau campurkan ke dalam saus salad. Mereka menambahkan rasa pedas dan menyumbangkan lemak sehat, serat, dan protein pada sayuran.

Oatmeal: Jika kerap mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan, bisa juga menambahkan chia seed ke dalamnya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #jarang #diketahui #manfaat #mengejutkan #dari #chia #seed #cara #mengonsumsinya

KOMENTAR