Cemburu Berlebihan pada Pasangan? Hati-Hati Timbul Petaka, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi cemburu. (Freepik)
12:04
19 Maret 2024

Cemburu Berlebihan pada Pasangan? Hati-Hati Timbul Petaka, Begini Cara Mengatasinya

 

 

Cemburu merupakan perasaan alami yang dimiliki setiap manusia. Biasanya perasaan cemburu terjadi kepada orang yang dicintai.

Permasalahan di rumah tangga sering dipicu karena kesalahpahaman, salah satunya adalah cemburu. Cemburu menjadi hal lumrah akan tetapi jangan sampai menimbulkan hal buruk.

Rasa khawatir terhadap pasangan apabila ada perasaan terhadap orang lain itu sangat normal. Namun sebaiknya bisa mengendalikan perasaan cemburu di dalam diri.

Lantas bagaimana jika cemburu itu berlebihan? Bagaimana cara mengatasi cemburu itu?

Mengutip dari kanal YouTube SAP Channel, mengobati cemburu ada enam cara:

  1. Suami istri harus paham bahwa cemburu merupakan fitrah dan seorang istri memiliki rasa cemburu yang lebih, maka sebagai suami harus menyikapi dengan biasa dan berpikir cemburu tanda cinta.
  2. Berikan kepercayaan terhadap pasangan

Misalkan suami sering pergi tanpa istri, selagi tempat yang dituju adalah tempat baik maka istri harus percaya terhadap suami.

  1. Tidak tergesa-gesa memvonis apabila dengar berita yang tidak enak, harus dicek dahulu dan tidak ditelan mentah-mentah.
  2. Hindari penyebab yang menimbulkan rasa cemburu pasangan.
  3. Suami istri harus sering memuji satu sama lain.
  4. Suami jangan meledek sifat cemburu istri, karena dikhawatirkan menimbulkan masalah yang lebih besar.

Mengutip dari kanal YouTube Buya Yahya, cemburu yang baik harus sesuai dengan akal dan syariat. Karena cemburu yang berlebihan dapat membunuh rasa cinta.

Cemburu yang sesuai dengan akal dan syari adalah cemburu yang bertujuan untuk menjaga yang dicintai supaya selamat dunia dan akherat.

Jika ada seorang istri curhat kepada lawan jenis, maka sebagai suami boleh cemburu. Akan tetapi introspeksi diri dahulu, mengapa istri lebih sering cerita dengan orang lain. Mungkin suami kurang adanya respon yang mengenakkan ketika istri bercerita.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #cemburu #berlebihan #pada #pasangan #hati #hati #timbul #petaka #begini #cara #mengatasinya

KOMENTAR