Zaskia Adya Mecca Pakai 'Jebakan' Untuk Ajarkan Anak Cara Ikhlas Berbagi
Zaskia Adya Mecca dan Bhaj Kama. (Suara.com/Fajar Ramadhan)
08:44
17 Maret 2024

Zaskia Adya Mecca Pakai 'Jebakan' Untuk Ajarkan Anak Cara Ikhlas Berbagi

Artis Zaskia Adya Mecca punya cara unik dalam mengajarkan konsep ikhlas dalam berbagi kepada kelima anaknya yang masih kecil. Istri sutradara Hanung Bramantyo itu mengungkapkan kalau dia melakukan sedikit jebakan kepada anak-anaknya tanpa mereka tahu sebenarnya sedang diajarkan cara berbagi. 

Menurut Zaskia Adya Mecca, berbagi tidak sekadar memberikan sesuatu kepada orang lain apa yang telah dimiliki. Lebih dalam lagi, Zaskia mengajarkan kepada anak-anaknya agar memberikan sesuatu yamg terbaik bagi mereka untuk diberikan kepada orang lain yang lebih butuh.

"Aku selalu mengajarkan kepada anak-anakku, keluargaku, berikanlah yang terbaik apa yang kalian punya. Jadi kadang aku suka ngejebak anak-anak, 'ayo coba kalian cari mainan terbaik kamu. Mana sih mainan kesayangan'. Mereka udah sibuk nyari mainan kesayangan yang paling mereka suka," cerita Zaskia ditemui di Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu.

Zaskia Adya Mecca. (Lilis/Suara.com)Zaskia Adya Mecca. (Lilis/Suara.com)

Setelahnya Zaskia akan mengajak anak-anaknya pergi ke panti asuhan untuk menyumbangkan mainan-mainan tersebut. Alhasil, Zaskia pun sempat diprotes anak-anaknya yang masih balita karena berarti akan kehilangan mainan kesayangannya.

"Kalau (anak) yang kecil sih kaya, 'kenapa gak bilang kalau mau dikasih? Kalau mau dikasih aku kasih yang aku udah gak main, atau gak yang itu, yang ini, yang ada dua'. Dari situ aku ajarin kalau konsep berbagi barang apa yang paling kita sayang, apa yang paling bagus, yang kita punya," tuturnya.

Namun, cara seperti itu juga bukan berarti tidak menimbulkan drama. Terutama anak bungsunya, Kama, yang baru berusia 3 tahun. Lantaran harus merelakan mainan kesayangannya, Kama sempat menangis keras ketika menyerahkan sendiri miliknya.

"Dia akhirnya ngasih tapi sambil nangis, 'ini buat kakak', tapi sambil nangis, 'boleh aku pegang dulu, gak? Ya udah deh boleh buat kakak'," ucap Zaskia sambil menirukan perilaku anak bungsunya. 

Tujuan konsep berbagi seperti itu juga, kata Zaskia, membantu dirinya untuk bisa lebih mudah menjalani hidup. Karena dia telah berhasil melepaskan diri dari sifat terikat dengan barang-barang kesayangan tersebut. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #zaskia #adya #mecca #pakai #jebakan #untuk #ajarkan #anak #cara #ikhlas #berbagi

KOMENTAR