Sebelum Jadi Mualaf, Dian Sastro Baca Buku Filsafat Hingga Belajar Agama Lain
Dian Sastrowardoyo. [Instagram]
17:40
15 Maret 2024

Sebelum Jadi Mualaf, Dian Sastro Baca Buku Filsafat Hingga Belajar Agama Lain

Hidup di keluarga yang berbeda-beda agama, membuat Dian Sastro kerap mempertanyakan masalah keyakinan saat masih muda. Sebelum memutuskan menganut agama Islam, rupanya Dian Sastro adalah seorang Katolik yang seagama dengan sang ibu kala itu.

Dalam ceritanya di podcast Denny Sumargo, Dian Sastro mengaku, ayahnya menganut agama Buddha, sedangkan sang ibu Katolik. Kala itu, ia memilih ikut agama Katolik dan menjalankannya hingga memasuki bangku SMA.

“Nyokap gue Katolik jadi gue digedein Katolik, bokap gue Buddha. Tapi bokap gue itu digedein itu Islam, Jawa Islam terus dia di SMP umur 13 tahun dia nyari dan ternyata menemukan jalannya dia di Buddha,” cerita Dian Sastro dalam podcast tersebut, dikutip Jumat (15/3/2024).

Saat memasuki SMA dan membaca buku filsafat, Dian Sastro mulai mempertanyakan keyakinannya. Ia merasa kalau ingin mencari keyakinan seperti sang ayah.

“Terus gue SMA gue kayak mulai baca buku-buku filsafat terus gue mikir jangan-jangan gue kayak bokap gue yang sebenarnya jangan-jangan panggilan gue di Buddha terus kata nyokap gue ‘ya udah kamu coba cari aja yang bener’,” ungkap Dian Sastro.

Sebab hal ini membuat Dian Sastro mencoba mempelajari berbagai ajaran agama seperti Buddha hingga hindu. Namun, Dian Sastro mengaku, pertanyaan filsafatnya tidak pernah terjawab.

“Terus Ya udah aku oke coba pelajari Buddha tapi kok pertanyaan-pertanyaan filsafat gue enggak ke jawab di biksu gitu. Pokoknya gue ngucap sama Tuhan gue bilang ‘ya Tuhan aku tuh orangnya pengen nanya gitu. Pokoknya aku pengen terjawab pertanyaan gitu. Akhirnya gue nyari di Bunda, gue nyari di Hindu ternyata belum kejawab juga ternyata kayak jodoh-jodohan gitu,” sambungnya.

Setelah mencari-cari dari berbagai agama, Dian Sastro akhirnya ikut sang tante untuk kajian dengan seorang ustaz. Di kesempatan tersebut, pemeran Ada Apa Dengan Cinta ini mendapat kesempatan bertanya.

Dian Sastro mengatakan, jawaban ustaz kala itu rupanya menjawab segala pertanyaannya. Ia juga merasa nyaman ketika mendapat penjelasan dari ustaz tersebut. Hal ini membuat Dian Sastro akhirnya putuskan untuk menjadi mualaf dan memeluk agama Islam.

“Jadi semuanya gue pelajari sampai ada tante gue kita ikut pengajian ini ada pak ustaz. Nanya ke pak ustad, terus dibukalah ada kayak ayat Al Quran apa gue lupa ayatnya apa, tapi pokoknya dia menjawab dengan sangat filosofi dan sangat logis yang gue juga nggak nyangka ternyata ke jawabnya sama pemuka agama Islam,” jelas Dian Sastro.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #sebelum #jadi #mualaf #dian #sastro #baca #buku #filsafat #hingga #belajar #agama #lain

KOMENTAR