Cara Mengatasi Makanan Beraroma seperti Kulkas, Salah Satunya Rajin Bersihkan Lemari Pendingin
Ilustrasi isi kulkas beraroma tak sedap. (Sumber foto: Freepik)
14:38
13 Maret 2024

Cara Mengatasi Makanan Beraroma seperti Kulkas, Salah Satunya Rajin Bersihkan Lemari Pendingin

Tidak ada yang lebih buruk daripada membuka lemari pendingin dan mendapati makanan telah beraroma dan terasa seperti kulkas.

Bau lemari pendingin atau kulkas langsung terasa begitu Anda membuka pintu dan dalam beberapa kasus, bisa cukup kuat untuk menghilangkan nafsu makan. Parahnya lagi, bau tersebut bisa berubah menjadi rasa tidak enak yang meresap ke dalam makanan.

Bau kulkas bisa berasal dari berbagai sumber, tapi untungnya, ada beberapa cara untuk melawan aroma tak sedap tersebut. Dikutip dari EatingWell, Rabu (13/3), berikut cara mengatasinya:

Bersihkan kulkas secara menyeluruh

Jika Anda membuka kulkas dan merasa ada bau asing yang tercium, kemungkinan besar penyebabnya adalah bakteri. Ketika makanan mulai membusuk, bakteri mulai memecah makanan, mengeluarkan bau tidak sedap.

Sisa makanan lama, wadah plastik berlendir berisi bayam, wortel kenyal, dan daging yang sudah tidak sehat, semuanya membuat lemari pendingin menjadi bau dalam sekejap. Cobalah untuk melakukan pembersihan menyeluruh setiap bulan. Begini caranya:

- Buang bumbu kedaluwarsa, makanan lama, dan sisa makanan yang tidak ingin Anda makan dalam beberapa hari ke depan.

- Tarik keluar laci untuk membersihkan seluruh sudut yang biasanya tidak dibersihkan.

- Bersihkan rak dan laci dengan air hangat dan sabun cuci piring. Pastikan sudah kering sebelum mengembalikan makanan.

Berikan perhatian pada karet kulkas dengan menyekanya pakai campuran sabun cuci piring, saran pakar perbaikan rumah Katie Barton.

Setelah perawatan dengan sabun dan air, lanjutkan dengan semprotan cuka encer yang memiliki sifat disinfektan alami. Plastik di dalam lemari secara teknis dapat menyerap bau ke dalam infrastruktur kulkas.

“Isi botol semprot dengan setengah cuka suling putih dan setengah air, semprotkan bagian dalam lemari es dan rak, lalu bersihkan dengan kain mikrofiber,” jelas Barton.

Jaga kesegaran isi kulkas

Setelah kulkas Anda bersih dan bebas bau, jaga kerapihannya dengan segera membersihkan tumpahan, membuang makanan lama setiap minggu, dan makanan yang berbau. Jangan lupa untuk menyimpan wadah berisi soda kue di belakang kulkas untuk menyerap bau dan ganti baking soda setiap tiga bulan.

Praktik FIFO

Buang makanan lama atau basi sebelum berbelanja. Dengan begitu, ada ruang untuk belanjaan baru. Di restoran, ini disebut First In, First Out (FIFO). Ini berarti menempatkan barang lama di awal untuk digunakan terlebih dahulu (jika masih bagus) dan mengarahkan barang baru ke belakang.

Simpan makanan beraroma tajam dengan benar

Kemungkinan sumber bau kulkas lainnya berasal dari makanan berbau tajam seperti bawang bombai, bawang putih, blue cheese, dan makanan fermentasi. Bau-bauan ini bukan merupakan tanda pembusukan, namun bisa jadi kuat atau tidak sedap.

Untuk makanan dari keluarga bawang merah yang disimpan di kulkas, pilihlah wadah kedap udara agar aromanya dapat tertahan. Sementara bungkus keju dengan kertas roti dan masukkan ke dalam wadah penyimpanan plastik kedap udara.

Makanan seperti makanan yang diasamkan atau difermentasi idealnya disimpan dalam wadah kaca bertutup. Selalu pastikan tutupnya terpasang rapat.

Pastikan melakukan perawatan kulkas 

Bau kulkas terjadi karena berbagai alasan, mulai dari makanan lama hingga bahan-bahan menyengat. Mulailah dengan pembersihan menyeluruh secara teratur setiap bulan. Simpan makanan beraroma ke dalam wadah kedap udara agar baunya tidak menyebar ke seluruh lemari pendingin.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cara #mengatasi #makanan #beraroma #seperti #kulkas #salah #satunya #rajin #bersihkan #lemari #pendingin

KOMENTAR