5 Rekomendasi Objek Wisata Religi di Solo, Nggak Cuma Masjid Raya Sheikh Zayed
potret Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (Instagram/masjidsheikhzayedsolo)
14:25
13 Maret 2024

5 Rekomendasi Objek Wisata Religi di Solo, Nggak Cuma Masjid Raya Sheikh Zayed

Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan wisata religi. Selain bisa mengisi waktu ngabuburit, mengunjungi obyek wisata religi bisa menambah wawasan agama sekaligus mempelajari sejarah.

Di Kota Surakarta alias Solo sendiri memiliki sejumlah obyek wasata religi yang menarik untuk kamu kunjungi. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Merupakan dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Syeikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, Masjid Raya Sheikh Zayed diresmikan pada Februari 2023 kemarin.

Sejak dibuka untuk umum, Masjid ini sukses mencuri atensi publik karena arsitekturnya yang begitu megah. Memiliki luas bangunan sekitar 8.000 meter persegi, masjid ini mampu menampung 10.000-15.000 jamaah, lho.

Masjid Syekh Zayed Kota Solo. [Dok Pemkot Surakarta]Masjid Syekh Zayed Kota Solo. [Dok Pemkot Surakarta]

2. Masjid Dalem Kalitan

Masjid ini berada di kompleks Dalem Kalitan milik Ibu Tien Soeharto. Masjid Dalem Kalitan memiliki sejarah panjang karena awalnya dibangun Pakubuwono X dari Keraton Kasunanan sekitar tahun 1786.

Kompleks masjid pun dibangun lengkap dengan rumah joglo dan pendapa yang kemudian dihibahkan pada Kanjeng Gusti Ratu Alit pada 1965. Sejak saat itu, bangunan tersebut dikenal dengan nama Dalem Kalitan.

3. Masjid Agung Keraton Surakarta

Berkunjung ke wilayah Keraton Kasunanan Surakarta, kurang afdol rasanya jika melewatkan Masjid Agung Keraton Solo. Dibangun pada tahun 1763, masjid ini berperan penting dalam persebaran ajaran Islam di Jawa.

Gaya arsitektur masjid ini memadukan gaya Arab Persia pada gapuranya dikombinasikan dengan interior masjid yang kental akan nuansa.

Masjid Agung Surakarta. (Dok: Istimewa)Masjid Agung Surakarta. (Dok: Istimewa)

4. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Masjid Al Wustho Mangkunegaran menjadi salah satu masjid tertua di Solo karena didirikan pada 1725. Masjid ini awalnya diperuntukkan untuk pihak keluarga kerajaan, namun seiring waktu mulai dibuka bagi umum. Keunikan masjid terletak pada arsitekturnya yang mengkombinasikan Jawa dan Eropa.

5. Masji Jami Assegaf

Berlokasi di perkampungan Arab, Masjid Jami Assegaf menjadi salah satu obyek wasata religi yang populer di Solo. Terletak di area Pasar Kliwon, masjid yang satu ini punya tradisi menjamu pengunjung masjid itu dengan kopi Arab saat berbuka puasa selama Ramadan.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #rekomendasi #objek #wisata #religi #solo #nggak #cuma #masjid #raya #sheikh #zayed

KOMENTAR