Apa Penyebab Mood Swing alias Perubahan Suasana Hati Pada Wanita? Ini Kata Psikolog
ilustrasi mood swing. Sumber foto: Freepik
16:00
10 Maret 2024

Apa Penyebab Mood Swing alias Perubahan Suasana Hati Pada Wanita? Ini Kata Psikolog

- Perubahan suasana hati atau mood swing melibatkan keadaan emosi seseorang.

Perubahan ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau intens misal cepatnya beralih dari perasaan senang dan gembira menjadi sedih atau marah.

Perubahan suasana hati merupakan hal wajar dan bisa terjadi pada siapa saja. Lagi pula, tidak ada seorang pun yang hanya mempunyai satu suasana hati sepanjang hari, sementara mood swing pada wanita bisa disebabkan oleh berbagai hal termasuk perubahan hormonal.

Itu sebabnya wanita cenderung lebih sering mengalami perubahan suasana hati saat sedang menstruasi atau hamil.

Mood swing merupakan istilah yang merujuk pada perubahan suasana hati seseorang secara cepat.

Ini perubahan mendadak atau intens dalam keadaan emosi seseorang, kata psikolog klinis Rituparna Ghosh, dilansir dari Healthshots, Minggu (10/3).

Meskipun setiap individu biasanya dapat mengalami variasi suasana hati karena situasi atau keadaan tertentu, perubahan suasana hati lebih nyata dan sering memengaruhi perilaku.

Hal ini dapat terjadi selama beberapa hari, jam, bahkan menit dengan intensitas bervariasi.

Mood swing pada wanita mempunyai penyebab berbeda-beda, bisa berupa salah satu atau kombinasi penyebab:

1. Perubahan hormon

Perubahan hormonal menyebabkan perubahan suasana hati. Hal ini biasanya terjadi pada masa-masa seperti pubertas, masa menstruasi, kehamilan, atau menopause.

Ini saat-saat ketika tubuh wanita mengalami perubahan kadar hormon dengan fluktuasi besar menyebabkan perubahan mood.

Untuk memahami perubahan mood selama kehamilan dan pascapersalinan, menurut Journal of Obstetrics and Gynecology Canada menunjukkan wanita perinatal memiliki ketidakstabilan mood lebih tinggi dibandingkan wanita non-perinatal.

Mood swing seringkali terjadi pada wanita karena perubahan hormonal yang dialami wanita pada berbagai fase kehidupan mereka seperti selama siklus menstruasi, kehamilan, setelah melahirkan, dan selama menopause, jelas Ghosh. Namun, siapa pun bisa mengalami perubahan mood apa pun jenis kelaminnya.

2. Kondisi kesehatan jiwa

Gangguan bipolar, depresi, dan kecemasan jadi penyebab umum perubahan mood seseorang. Seseorang dengan gangguan bipolar bisa menjadi sangat bahagia dan penuh energi, pada satu waktu bisa sangat sedih.

3. Gaya hidup

Gaya hidup modern dengan stres kerja, kualitas tidur buruk, kurang berolahraga, dan pola makan tidak sehat merupakan faktor-faktor menyebabkan perubahan suasana hati.

Ditambah lagi penyalahgunaan zat seperti alkohol atau obat-obatan yang memperburuk situasi terutama jika seseorang mencoba berhenti menggunakannya, ungkap sang ahli.

4. Masalah kesehatan

Beberapa masalah kesehatan berhubungan dengan kelenjar tiroid menyebabkan perubahan suasana hati.

Kelenjar tiroid mempengaruhi energi dan suasana hati. Masalah kesehatan lain seperti diabetes atau penyakit jantung juga memicu fluktuasi suasana hati terutama jika kondisi tersebut berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Adapun terdapat cara untuk mengatasi mood swing dengan menemukan terlebih dahulu apa akar penyebab perubahan suasana hati dan segera lakukan tindakan pencegahannya.

Menurut Ghosh, caranya meliputi olahraga teratur, pola makan sehat, tidur yang cukup dan tepat waktu, lakukan teknik pengurangan stres misal yoga atau meditasi, hindari zat berbahaya, batasi kafein, dan terapkan rutinitas harian.

Jika perubahan suasana hati mengganggu kehidupan sehari-hari, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan dapatkan pengobatan yang tepat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #penyebab #mood #swing #alias #perubahan #suasana #hati #pada #wanita #kata #psikolog

KOMENTAR