Mengenal Anak dengan Easy Temperament: Ceria dan Mudah Bergaul, Ortu Tetap Ajarkan Batasan
PERHATIAN SAMA: Anak dengan easy temprament ramah dan mudah akrab dengan orang baru. Penting bagi orang tua tetap memberi perhatian dan batasan dalam berinteraksi. (Foto diperagakan model. Dite Surendra/Jawa Pos)
15:12
10 Maret 2024

Mengenal Anak dengan Easy Temperament: Ceria dan Mudah Bergaul, Ortu Tetap Ajarkan Batasan

Orang tua mana yang tidak happy jika punya anak ceria dan mudah diurus. Namun, anak easy temperament tetap butuh perhatian yang sama dan stimulasi. Ajarkan pula batasan dalam berinteraksi demi keamanannya.

---

TEMPERAMEN anak bisa dikenali sejak bayi. Pada anak easy atau fleksibel, karakteristik kepribadiannya mudah berinteraksi. Dia juga konsisten merespons positif stimulasi atau perubahan yang diberikan.

”Mudah tersenyum saat dikudang, nggak gampang terganggu oleh perubahan dadakan, contoh tiba-tiba ada suara keras, kagetnya sementara saja, tidak lantas jadi cranky,” tutur Ratna Sari MPsi psikolog CH CHt CPHt CPNNLP.

Emosinya pun tergolong stabil sehingga bisa mengatasi stres dan tidak mudah frustrasi. Ciri paling terlihat, pola tidurnya teratur. Sekalipun di tempat yang baru. Mereka mudah dikondisikan.

”Nggak bikin ortunya kerepotan karena tidurnya larut. Jarang lah sulit tidur itu meski pindah tempat. Misal, besok Lebaran ke rumah eyangnya ya nyaman aja, tidak rewel,” imbuh psikolog klinis itu.

Ratna menyebut anak yang lahir dengan temperamen easy tetap bisa berubah seiring waktu. Kondisi itu dipengaruhi stimulasi dan pola asuh yang diberikan. Sering kali, lanjut dia, ortu kurang memberikan perhatian dan stimulasi pada anak easy.

”Karena dirasa anaknya anteng-anteng saja, ceria, kurang menjadi fokus perhatian,” ucap founder Ertamentari Psikolog itu.

Ratna menekankan ortu yang punya anak easy justru harus lebih berhati-hati. Sering kali ortu kebingungan memahami kebutuhan anak. Sebab, anak tidak banyak protes dan menuntut.

”Anak easy juga jarang menunjukkan konflik dan cenderung tenang sehingga kita mengabaikan kebutuhan emosionalnya,” lanjutnya.

Ajarkan pula batasan dalam berinteraksi, khususnya dengan orang asing. Sebab, anak easy mudah akrab, terbuka, dan ramah dengan orang baru. Mereka bisa nyaman bicara dengan orang asing lantaran berada di kondisi netral terhadap kecemasan.

”Ortu perlu memberikan contoh bagaimana berinteraksi dengan orang, termasuk orang yang baru dijumpai supaya mereka belajar apa yang boleh dan apa yang perlu dibatasi. Jadi, bisa melindungi diri dari risiko bahaya,” ujarnya.

Minta anak untuk selalu izin dulu ke ortu jika akan pergi dengan teman atau orang lain. Tidak melulu akrab, anak easy juga memiliki kondisi malu dan hati-hati terhadap orang asing. Bergantung pengalaman yang pernah mereka dapatkan. Jadi, meski easy child mudah dirawat, ortu tetap perlu memberikan perhatian yang sama. (lai/c6/nor)

PSIKOLOG KLINIS: Ratna Sari SPsi MPsi. (Dok. Pribadi)

CIRI ANAK EASY TEMPERAMENT

• Ceria, tidak gampang stres, stabil secara emosi

• Mudah menerima perubahan dan merespons stimulus dengan positif

• Fleksibel dan gampang beradaptasi

• Pola tidur teratur

• Tidak mudah cemas

• Ramah dan mudah berinteraksi dengan orang baru

Tips Pola Asuh Easy Child

• Berikan dukungan emosional meski anak tidak butuh perhatian khusus karena tenang

• Beri pujian atas capaian anak

• Beri anak kesempatan menyelesaikan masalah

• Tunjukkan dukungan dan motivasi karena anak fleksibel gampang menerima atau puas dengan apa yang mereka terima

• Ajarkan batasan bagaimana berinteraksi dengan orang lain

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #mengenal #anak #dengan #easy #temperament #ceria #mudah #bergaul #ortu #tetap #ajarkan #batasan

KOMENTAR