Punya Militansi dan Pengaruh Kuat, Komunitas K-Pop di Indonesia Banyak Dilirik Brand
Komunitas K-Pop. (Dok. Istimewa)
14:52
10 Maret 2024

Punya Militansi dan Pengaruh Kuat, Komunitas K-Pop di Indonesia Banyak Dilirik Brand

Popularitas K-Pop terus meroket dengan kehadiran berbagai grup seperti BTS, BLACKPINK, NCT, SEVENTEEN, Stray Kids, ENHYPEN, dan lainnya. Fenomena ini memunculkan beragam komunitas fandom di Indonesia, negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia.

Para penggemar K-Pop, atau yang biasa disebut K-popers, semakin tertarik pada produk-produk eksklusif yang berkolaborasi dengan idola mereka. Brand-brand Indonesia pun melirik peluang ini dengan berkolaborasi dengan grup K-Pop terkenal.

Salah satunya, Ultra Milk berkolaborasi dengan Stray Kids dari JYP Entertainment, sementara Oreo bekerja sama dengan BLACKPINK untuk menghadirkan produk edisi khusus.

K-Playlist, sebagai komunitas fans Korea terbesar di Indonesia, mengadakan acara penghargaan tahunan, K-Playlist Annual Community Award (KACA) 2023. Hal itu untuk menghargai kolaborasi antara brand Indonesia dan K-Pop Group.

"K-Playlist sendiri selain K-Pop Fan Community, kita juga manage kerja sama brand ambassador dan lisensi produk dengan Top K-Pop Group. Untuk komunitas fans sendiri, kita manage lebih dari 20 fan community, dengan event berkala baik itu online maupun offline," ujar Jennifer Heryanto, Co-Founder K-Playlist dalam keterangannya. .

Adapun beberapa pemenangnya antara lain, seperti OREO X BLACKPINK, Ultra Milk X Stray Kids, TosTos X NCT Dream, BNI Tapcash X SN Entertainment, dan Nabati X ENHYPEN, meraih apresiasi yang besar dari para penggemar.

Brand-brand yang berkolaborasi mengungkapkan kebahagiaan dan terima kasih atas dukungan dan antusiasme dari para fandom. Mereka menyadari kekuatan dan pengaruh yang dimiliki oleh grup K-Pop, yang dapat meningkatkan nilai dan popularitas produk mereka.

Pada ajang KACA 2023, Ultra Milk X Stray Kids meraih penghargaan terbesar, Best Brand Collaboration of the Year atau Daesang Award. Ini menunjukkan dampak positif dari kolaborasi mereka dalam mendukung komunikasi dengan generasi muda Indonesia.

Acara penghargaan ini juga dimeriahkan dengan kehadiran para penggemar K-Pop dari berbagai komunitas, serta penampilan boyband Indonesia NEVEL yang membawakan lagu-lagu dari berbagai grup K-Pop. Semangat dan antusiasme para fandom membuat acara tersebut semakin meriah dan menyenangkan.

Kehadiran NEVEL dan penampilan mereka mengingatkan para penggemar betapa kuatnya ikatan antara K-Pop dan komunitas fandom di Indonesia. Seiring berakhirnya acara, senyum bahagia terpancar dari bibir para penggemar, menandakan kebahagiaan mereka dalam menikmati dunia K-Pop yang begitu mereka cintai.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #punya #militansi #pengaruh #kuat #komunitas #indonesia #banyak #dilirik #brand

KOMENTAR