Beda Latar Belakang Ahok dan Ahmad Sahroni Bak Bumi Langit, Bakal Jadi Rival di Pilgub DKI?
Ahok dan Ahmad Sahroni
08:13
10 Maret 2024

Beda Latar Belakang Ahok dan Ahmad Sahroni Bak Bumi Langit, Bakal Jadi Rival di Pilgub DKI?

Nama Ahmad Sahroni digadang-gadang bakal menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI 2024. Politisi Partai Nasdem ini sendiri menyatakan sudah siap bertarung untuk DKI 1.

Salah satu lawan Ahmad Sahroni di Pilgub DKI 2024 bukan tidak mungkin adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Seperti yang diketahui kalau sebelumnya, Ahok memiliki pengalaman sebagai Gubernur DKI dan wakilnya.

Lantas bagaimana latar belakang awal karier keduanya hingga kini bisa melenggang ke kancah dunia perpolitikan.

Latar Belakang Ahmad Sahroni.

Ahmad Sahroni telah mengawali karirnya dengan berbagai macam pekerjaan. Ia semula menjadi sopir truk di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengisian bahan bakar minyak.

Seiring waktu, ia dipercaya menjadi staf operasional di perusahaan tempat ia bekerja. Kariernya terus menanjak hingga menjadi direktur utama dan mengembangkan bisnis sendiri.

Ia memulai karier politiknya dengan bergabung ke Partai NasDem pada 2013. Pada 2014 ia berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI di dapil DKI Jakarta III.

Di DPR RI, ia awalnya bertugas di Komisi XI. Pada 2016, ia dipindahkan ke Komisi III yang menangani masalah hukum dan HAM. Sejak 2019, ia dipercaya menjabat Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

Latar Belakang Ahok

Berbeda dengan Ahmad Sahroni, Ahok mengawali bisnisnya pada tahun 1992 sebagai Direktur PT Nurindra Ekapersada sebagai persiapan membangun pabrik Gravel Pack Sand pada tahun 1995.

Pada tahun 1995, Basuki memutuskan berhenti bekerja di PT Simaxindo Primadaya. Ia kemudian mendirikan pabrik di Dusun Burung Mandi, Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Pada akhir tahun 2004, seorang investor Korea berhasil diyakinkan untuk membangun Tin Smelter (pengolahan dan pemurnian bijih timah) di KIAK.

Pada tahun yang sama, ia juga terjun ke dunia politik dengan bernaung di bawah Partai Perhimpunan Indonesia Baru (Partai PIB) sebagai ketua DPC Partai PIB Kabupaten Belitung Timur.

Pada pemilu 2004, ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009. Partai PIB adalah partai politik yang didirikan oleh Alm. Sjahrir.

Pada Pilkada Kabupaten Belitung Timur 2005, ia berhasil menjadi Bupati dengan dipasangkan Wakil Bupatinya Khairul Effendi.

Ia juga sempat mengikuti pemilihan Gubernur pada tahun 2007 tapi tidak menang. Setelahnya ia melenggang lagi menjadi anggota DPR RI pada periode 2009-2014.

Setelah itu, pada tahun 2012 ia maju menjadi Wakil Gubernur DKI berpasangan dengan Joko Widodo. Kemudian, ia naik pangkat menjadi Gubernur DKI usai Jokowi meletakkan jabatannya dan dilantik menjadi Presiden RI tahun 2014.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #latar #belakang #ahok #ahmad #sahroni #bumi #langit #bakal #jadi #rival #pilgub

KOMENTAR