Bacaan Sholawat Nariyah Tulisan Arab dan Latin, Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi Sholawat - Bacaan Sholawat Nariyah dalam tulisan Arab dan latin, lengkap dengan artinya dapat disimak di dalam artikel berikut ini. 
17:05
5 Maret 2024

Bacaan Sholawat Nariyah Tulisan Arab dan Latin, Lengkap dengan Artinya

Simak bacaan Sholawat Nariyah dalam artikel berikut ini.

Bacaan Sholawat Nariyah berikut ini berupa tulisan Arab dan latinnya.

Tak hanya itu, Sholawat Nariyah dalam artikel ini akan dilengkapi dengaan artinya.

Nama Sholawat Nariyah berasal dari kata Naar yang berarti api.

Maksud dari kata Naar di sini adalah diumpamakan seperti api yang sangat cepat menyambar.

Hal tersebut dikarenakan bagi seseorang yang membaca dan merutinkannya, kerap mendapat dampak langsung dari keagungan Sholawat Nariyah.

Berikut bacaan Sholawat Nariyah:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ “Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadin alladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdho bihil hawaiju wa tunalu bihir ‘ibu wa husnul khotimah wa yustasqol gomawo biwajhihil kariim wa ‘ala alihi wa shohbihi fi kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Membaca Sholawat Nariyah

Para ulama telah menyarankan untuk membaca Sholawat Nariyah sebanyak 4.444 kali agar segala hajat dapat langsung dikabulkan oleh Allah SWT.

Lantas, mengapa harus membaca Sholawat Nariyah sebanyak 4.444 kali?

Dikutip dari laman Yayasan Al-Ma'ruf, M Kamaludin dalam bukunya ‘Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW’ menjelaskan bahwa Sholawat Nariyah dinisbatkan kepada Syeikh Nariyah, salah seorang sahabat Nabi Muhammad Saw.

Diriwayatkan pada suatu malam, Syekh Nariyah membaca sholawatnya untuk Nabi SAW sebanyak 4.444 kali.

Ia mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk Rasulullah SAW. Setelah membaca, Allah SWT memberikan karomah padanya.

Dalam suatu majelis, Syekh Nariyah diceritakan meminta kepada Nabi Muhammad SAW agar dimasukkan ke surga pertama kali bersama Nabi SAW.

Permintaan Syekh Nariyah tersebut mendapat respons positif dari Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW berperan sebagai wasilah untuk melancarkan doa umatnya yang bersholawat kepadanya.

Hingga kini, banyak yang membaca Sholawat Nariyah sebagaimana dilakukan Syekh Nariyah.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #bacaan #sholawat #nariyah #tulisan #arab #latin #lengkap #dengan #artinya

KOMENTAR