Gibran Rakabuming Ngaku Takut Nambah Lagi, Dua Anak Cukup?
Outfit Biru Muda Selvi Ananda Saat Dampingi Gibran Rakabuming Raka Kampanye (Instagram/@jimboengbakoelsoto)
16:38
4 Maret 2024

Gibran Rakabuming Ngaku Takut Nambah Lagi, Dua Anak Cukup?

Gibran Rakabuming diketahui memiliki dua anak dari sang istri, Selvi Ananda yakni Jan Ethes dan La Lembah Manah. Namun, sebab usia dirinya dan Selvi Ananda masih mudah juga kerap menjadi pertanyaan apakah cawapres nomor urut 2 itu akan menambah anak atau tidak.

Terkait hal ini rupanya Gibran Rakabuming pernah membahasnya. Dalam video singkat yang diunggah akun Tiktok @gibranrakabuming.fans, suami Selvi Ananda itu malah membuat jawaban yang tidak terduga.

Gibran Rakabuming mengatakan, ia tidak menambah anak karena takut dimarahi Bu Purwanti yang juga merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Solo.

“Mau nambah anak mas?” tanya wartawan dalam video yang diunggah, Minggu (3/3/2024).

"Kok meneh, KB loh diseneni (dimarahi) Bu Purwanti," jawab Gibran Rakabuming.

Jawaban Gibran Rakabuming itu langsung menjadi sorotan dan membuat warganet merasa lucu. Sementara itu, ada juga warganet yang menyebutkan kalau Gibran Rakabuming mengikuti program pemerintah yakni ‘2 anak lebih baik’. Namun, sebagian lainnya menuliskan kalau Gibran Rakabuming sepertinya masih ingin menambah anak.

“Ikuti program pemerintah  ‘2 anak lebih baik’ untuk mencegah ledakkan populasi di Indo,” komentar salah seorang warganet.

“Sebenernya dia pasti mau,” komentar akun lainnya.

Namun, sebenarnya berapa ideal untuk memiliki anak?

Mengutip Halodoc,  berdasarkan The American Journal of Anthropology, jumlah anak maksimal yang disarankan untuk kesehatan adalah dua orang. Dalam penelitian, ibu yang memiliki anak lebih dari dua akan terlihat cepat tua hingga alami stres lebih tinggi.

Bukan hanya itu, memiliki anak dua juga ideal untuk memberikan pola asuh dan perhatian yang maksimal. Hal ini akan membuat proses pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih maksimal.

Profesor pediatri dari University of New Mexico School of Medicine, Javier Aceves, M.D. mengatakan, anak dari keluarga besar yang tidak memiliki pengalaman menyenangkan karena orangtua kesulitan membagi perhatian.

Faktor lainnya yang juga menjadi pertimbangan yakni finansial. Memiliki anak lebih dari dua, berarti orang tua juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk kebutuhannya. Oleh sebab itu, jika ingin memiliki anak lebih dari dua harus dipertimbangkan dengan matang.

Meski demikian, memiliki anak lebih dari dua bukan berarti selalu buruk. Pasalnya, jika orang tua bisa mengatasi segala kendala tersebut, maka tidak menjadi masalah. Namun, anak dua memang menjadi ideal untuk mencapai poin-poin tersebut.

Oleh sebab itu, di Indonesia sendiri Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki kebijakan dua anak cukup atau dua anak lebih sehat. Hal ini demi menciptakan keluarga yang harmonis dan terhindar beberapa masalah baik hubungan orang tua dengan anak maupun finansial.

Namun, kebijakan ini tidak diwajibkan bagi para orang tua. Semua keputusan tetap diserahkan kepada orang tua terkait jumlah anak yang ingin dimiliki.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #gibran #rakabuming #ngaku #takut #nambah #lagi #anak #cukup

KOMENTAR