Harimau Ternyata Doyan Makan Durian, Ini Penjelasannya
Seekor harimau sumatera di areal perkebunan warga, di Kecamatan Batang Cenaku, Indragiri Hulu. [ANTARA/Tangkapan layar]
08:13
3 Maret 2024

Harimau Ternyata Doyan Makan Durian, Ini Penjelasannya

Musim durian ternyata tak hanya menarik perhatian manusia, buktinya viral di media sosial seekor harimau sumatera makan durian. Dalam video tersebut tampak seekor harimau yang memakan durian yang jatuh dari pohonnya. Harimau tersebut bahkan dengan sigap membuka kulit durian dan memakannya sampai tandas. 

Fenomena harimau makan durian ini kontras dengan pemahaman penguasa hutan tersebut sebagai hewan karnivora atau pemakan daging. Namun, seorang warganet berkomentar jika menurut legenda nenek moyang masyarakat Sumatera ada beberapa ciri durian yang sudah dimakan harimau. Dua yang paling kentara adalah sisa kulit yang ditata rapi membentuk bunga, serta biji bersih. 

Balai Taman Nasional Tesso Nilo di Provinsi Riau juga ikut menyoroti viralnya harimau makan durian ini. Dalam unggahan Instagram @btn_tessonilo, mereka memberikan penjelasan bahwa penelitian para ahli menyebutkan ketika musim buah datang banyak herbivora dan pemakan buah yang berkumpul seperti monyet, tapir, babi, rusa bahkan omnivora beruang madu.

Lalu harimau sumatera juga datang, mengintai dari rerimbunan pohon, calon mangsa yang lengah ketika makan buah untuk disergap. Namun, bukan hanya calon mangsanya saja, buah durian juga dimakan oleh harimau tersebut.

Cerita rakyat soal harimau makan durian ini juga banyak dikenal oleh masyarakat Jambi. Dikisahkan Desa Kemingking Dalam terkenal dengan berbagai macam hasil bumi salah satunya adalah durian. Di desa itu rakyat hidup sejahtera berdampingan dengan raja – raja penguasa. Namun, pada suatu hari harimau datang menyerang. 

Harimau ini buas, bengis, dan lapar. Ia tidak hanya menghabisi ternak warga masyarakat, tetapi lambat laun harimau ini mulai menyerang manusia. Membuat belasan orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka.

Raja tidak tinggal diam. Ia memerintahkan salah seorang prajuri paling sakti untuk mengatasi krisis yang terjadi di kerajaannya. Prajurit ini pergi mencari harimau untuk mengusir atau membunuhnya. Ketika berhadapan dengan sang harimau prajurit ini langsung menyerang dengan segala daya upaya yang dimilikinya. Namun sang harimau yang sangat besar dan kuat dapat dengan mudah mematahkan pedang dan tombak senjata sang prajurit serta melukai prajurit hingga terluka parah.

Prajurit kemudian melarikan diri hingga sampai ke sebuah daerah yang masih merupakan bagian dari wilayah Desa Kemingking Dalam yang dipenuhi aroma manis dan tanahnya dipenuhi buah yang penuh duri.

Di tempat ini sang prajurit tidak dapat lagi melarikan diri dan ia telah bertekad untuk melawan sang harimau apapun taruhannya. Prajurit menyadari kehadiran buah yang permukaannya dipenuhi duri itu. Ia kemudian menggunakan buah yang di masa kini dikenal dengan nama durian sebagai senjatanya hingga harimau kalah. 

Saat hendak menghabisi sang harimau, harimau pun meminta ampun atas semua kesalahan yang telah ia lakukan di masa lalu. Ia pun berjanji kepada sang prajurit untuk tidak lagi menyerang warga asalkan ia diperbolehkan untuk melahap sebagian dari buah yang penuh duri yang tumbuh di tanah mereka itu.

Setelah itu, harimau dan masyarakat hidup berdampingan. Hewan itu hanya muncul di waktu malam ketika musim durian hampir usai untuk melahap buah-buah terakhir yang telah diperjanjikan untuknya.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #harimau #ternyata #doyan #makan #durian #penjelasannya

KOMENTAR